IGI SUMSEL TETAP PRODUKTIF ADAKAN DIKLAT DARING DI TENGAH PANDEMIK COVID-19

0
859
Logo IGI

Di tengah mewabahnya COVID-19 beberapa bulan terakhir tidak menyurutkan usaha para Pengurus Ikatan Guru Indonesia Wilayah Sumatera Selatan untuk memajukan profesi, meningkatkan kompetensi, karier, wawasan kependidikan, perlindungan profesi, kesejahteraan dan pengabdian kapada masyarakat. Semua dilakukan dalam rangka menjalankan fungsi sebuah organisasi profesi sebagaimana yang telah dicantumkan dalam Pasal 41 Ayat 2 Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen.

Sejak tanggal 30 Maret 2020 sampai dengan penghujung bulan suci Ramadhan 1441 H, Pengurus Ikatan Guru Indonesia Wilayah Sumatera Selatan telah melaksanakan 9 kali diklat daring (dalam jaringan) dengan sebanyak 1.228 orang peserta lulus dari 1.358 orang peserta terdaftar yang bukan hanya berasal dari Sumatera Selatan, namun ada juga dari Lampung, Pulau Jawa bahkan Papua.

Adapun jenis diklat yang telah dilaksanakan antara lain adalah Examora sebanyak tiga gelombang, Google Classroom sebanyak dua gelombang, Quizziz sebanyak dua gelombang, Edmodo sebanyak satu gelombang, Ispring sebanyak satu gelombang.
Umumnya diklat di atas dilaksanakan selama empat sampai lima hari. Dengan itu, kebutuhan jam diklat sebanyak tiga puluh dua jam pelajaran dapat terpenuhi. Alhasil, para peserta yang mayoritas adalah guru dapat menggunakan sertifikat yang didapat untuk usul pangkat ke jenjang berikutnya.

Adapun Mentor pada diklat daring ini adalah beberapa orang dari Pengurus Ikatan Guru Indonesia Wilayah Sumatera Selatan, di antaranya adalah Ketua Wilayah IGI Sumsel; Aswin, S.Pd., M.Si, Wakil Ketua Wilayah; Marion, M.Pd, Sekretaris Wilayah; Drs. Syahfiral Syamsuar, Dhony Noviahadi, S.Si dan Edi Susanto, S.Pd serta satu orang anggota IGI dari Pagaralam.Tentunya, diklat ini dilaksanakan sesuai dengan SOP (Standar Operasional Pelaksanaan) Diklat yang telah ditetapkan bersama para Pengurus Wilayah dan Daerah di Sumatera Selatan.

Dengan gencarnya mengadakan diklat daring ini, jumlah anggota IGI di wilayah Sumatera Selatan semakin meningkat. Guru-guru pun semakin candu mengikuti diklat daring yang diselenggarakan oleh Pengurus Ikatan Guru Indonesia Wilayah Sumatera Selatan. Mereka semakin bersemangat untuk belajar meski di tengah pandemi COVID-19. Apalagi dalam waktu dekat setelah Hari Raya Idul Fitri, telah diagendakan tiga buah diklat daring, antara lain adalah Ispring gelombang dua, Teams dan Examora gelombang empat. Sedangkan yang tengah dipersiapkan antara lain adalah Google Classroom gelombang tiga, Quizziz gelombang tiga, Media Pembelajaran, Google Site, Sway dan Classnotebook.

Eka Fitriani, S.Pd.
(Ketua Bidang Literasi, Publikasi dan Informasi, Ikatan Guru Indonesia Wilayah Sumatera Selatan)

Comments

comments