IGI PEDULI AMBON

0
42

Innalillahi wainnailayhi Rojiun.
Ambon kembali berduka, gempa berkekuatan 6,8 sampai 6,5 SR mengguncang pulau Ambon dan sekitarnya Kamis, 26 September 2019, jam 8.45 WIT. Disusul dengan gempa-gempa skala kecil sampai hari ini, setidaknya hingga kini lebih dari 484 kali gempa susulan dalam skala kecil terus terasa. Getaran gempa bisa dirasakan di pesisir utara pulau Ambon, pulau seram, dan pulau-pulau lease (sebutan untuk pulau-pulau di sekitar Ambon)

Ribuan orang mengungsi ke bukit atau pegunungan terdekat dan masih bertahan hingga kini, efek gempa juga terasa di skitar pulau Ambon, yakni Kabupaten Seram Bagian Barat, pulau Haruku dan Saparua, jarak yang terpisah dengan laut, serta akses informasi terbatas sehingga informasi lengkap baru tercover hari ini di posko IGI peduli Tulehu, setelah tiga hari pasca gempa, dikarenakan listrik dan jaringan telepon yang rusak,

Pemkot Kota Ambon sudah mengumkan meliburkan sekolah untuk 3 hari ke depan untuk recovery dan mengumkan waspada terhadap isu-isu negatif yang dimainkan orang yang ingin merusak suasana aman dan damai kota Ambon.

Laporan sementara dari lokasi bencana, terparah di pulau Ambon bagian utara, yakni kec. Kairatu, Piru. Di pulau Ambon bagian utara yakni kecamatan Salahutu dan Salahutu Barat tepatnya desa Liang dan desa Tulehu, ratusan rumah rata dengan tanah, dan puluhan sekolah rusak berat, hingga tak bisa lagi difungsikan.

Laporan warga melalui sosial media yang memposting kejadian di sekitarnya memperlihatkan dampak kerusakan parah yang terjadi, korban tewas baru terlapor 26 orang, para korban gempa sementra mengevakuasi keluarga masing-masing di daerah ketinggian, termasuk anak-anak dan lansia, mereka ini termasuk di dalamnya para siswa dan Guru.

Semoga kita bisa ringankan beban para korban bencana gempa Ambon, dan sekitarnya yang terkena becana gempa, karena sudah 3 hari mereka di daeah pengungsian, dan bertepatan dengan sering turun hujan di sebagian kota Ambon dan sekitarnya.

Kami mengetuk pintu hati para donatur melalui Posko Peduli Gempa Ambon oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI) Maluku, dan Kota Ambon kepada masyarakat luas untuk bisa menyalurkan bantuan terbaiknya melalui posko pengaduan IGI Maluku yang bertempat di desa Tulehu, tepatnya di Rumah salah satu Guru IGI Salahutu (pak Adam) yang juga rumahnya rusak ringan dan tidak bisa ditempati lagi.

Bantuan berupa Donasi bisa disalurkan Melalui :
POSKO IGI PEDULI AMBON
Rekening Mandiri; 174.00.0171961.6 an. IGI kota Ambon
Info Koordinasi dan Konfirmasi Bantuan.
ke HP 082197707960 (Alfi Hasan) HP. 08223337038 (PakOde)

Kunjungan Tim IGI Peduli ke lokasi bencana

Comments

comments