IGI Mamuju Siapkan 150 Guru pada Gebyar Video Conference HGN 2016 Sekaligus Launching Program “IGI Road to School”

0
621

IGI Kabupaten Mamuju dilantik serentak dengan 4 pengurus IGI Se-Sulawesi Barat lainnya, ditambah dengan Pengurus Wilayah Sulawesi Barat pada bulan Mei yang lalu. Kepengurusan IGI Mamuju meskipun belum terlihat semarak, namun sebagian besar guru sudah mengetahui keberadaannya. Terlebih lagi setelah adanya roadshow oleh Ketua Umum PP IGI. Sampai saat ini, di Sulbar tercatat persaingan keanggotaan yang ketat antara IGI Mamuju dan IGI Majene.

photo_2016-11-27_04-13-07Melihat efektivitas roadshow tersebut, IGI Kabupaten Mamuju kemudian berinisiatif melakukan kegiatan serupa dengan sasaran sekolah- sekolah di tiap kecamatan yang ada di Kabupaten Mamuju. Meski belum mendapatkan dukungan maksimal dari pihak pemerintah, namun Road to School ini sudah dipersiapkan secara matang dengan menggandeng beberapa pemateri, baik dari Pengurus Wilayah maupun dari Daerah sendiri.

Materi-materi yang diberikan dalam roadshow ini difokuskan pada pembelajaran berbasis IT, di samping juga penulisan karya Ilmiah. Dasar pemikiran kegiatan ini adalah tuntutan profesi yang sudah tidak dapat terlepas dari IT. Oleh karena hampir semua aktifitas guru bersentuhan dengan IT, baik adminstrasi, terlebih pada proses pembelajaran maupun pengembangan karier.

Kegiatan road to school merupakan bukti kepedulian IGI Mamuju terhadap realitas penguasaan IT teman-teman guru yang masih sangat terbatas. Sehingga IGI Mamuju menawarkan berbagai bentuk kegiatan mulai dari pengetahuan dasar komputer maupun pada level yg lebih tinggi seperti pembuatan media pembelajaran berbasis IT.

Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk workshop, dengan melakukan pendampingan kepada peserta dengan sistem terpusat pada satu titik, maupun berkelompok pada beberapa sekolah. Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan pemahaman dan kemampuan guru dalam menggunakan IT.

Kegiatan ini akan dilangsungkan pada 4 titik besar dan 4 titik skala kecil (kunjungan langsung ke sekolah) tertentu. Kegiatan ini dijadwalkan pada 27 November 2016 hingga awal Januari 2017. Pada  27 November merupakan launching program Road to School, akan dilaksanakan di Kecamatan Kalukku (kurang lebih 30 km dari Kota Mamuju). Jumlah peserta diperkirakan 150 orang dan sekaligus menjadi salah satu titik “Vicon” dari Gebyar Video Conference pada saat acara puncak peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2016.

#HGN #IGI #Guru

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here