IGI DKI LUNCURKAN SCHOOL TO SCHOOL TRAINING PROGRAM 2018

0
655

Ikatan Guru Indonesia (IGI) DKI Jakarta akan meluncurkan School To School Training (STST) Program 2018. STST merupakan Program Pelatihan gratis bagi guru yang dirancang oleh IGI DKI untuk membantu meningkatkan kompetensi guru. Program STST bertujuan untuk mengembangkan kecakapan guru dalam proses belajar mengajar, menggunakan media pembelajaran digital serta metode pembelajaran interaktif dan inovatif. IGI DKI Jakarta akan menyiapkan dan mengirim guru guru hebat sebagai trainer, motivator, pelatih dan fasilitator ke sekolah yang dituju. Diperkirakan sekitar 5000 guru dari 100 sekolah akan mengikuti program ini hingga Desember 2018.

Pelatihan yang menjadi bagian dari STST Program antara lain pelatihan Guru Fasilitator, HOTS, Membuat Media Pembelajaran Digital, Pelatihan K-13, Literasi, Inquiry Teaching and Learning, Office 365, Public Speaking for Teachers, Class Management, Interpersonal Skills, Ice Breaking dan Konseling.

“IGI DKI menyadari bahwa setiap sekolah memerlukan pengembangan keprofesionalan guru yang berbeda, karena itu kami menawarkan berbagai macam pelatihan kepada setiap sekolah. Jadi sekolah bisa memilih jenis pelatihan sesuai yang dibutuhkan. Kami juga menyadari ketersediaan waktu luang guru guru untuk mengikuti pelatihan cukup terbatas, karena itu kami tidak menunggu para guru datang ke tempat pelatihan seperti pelaksanaan pelatihan pada umumnya, tapi kami datang ke sekolah-sekolah. Sehingga para kepala sekolah terlibat memonitor kegiatan dan aplikasi hasil kegiatan oleh guru gurunya dalam kegiatan pembelajaran sehari hari. Dengan demikian kegiatan pelatihan tidak hanya berhenti pada kegiatan pelatihan itu sendiri, namun yang lebih penting lagi adalah penerapan hasil pelatihan itu.”, ungkap Iwan Ridwan, Ketwil IGI DKI Jakarta.

STST Program 2018 secara resmi akan diluncurkan pada Sabtu, 21 April 2018 di MAN 2 Cirasas Jakarta Timur. Kegiatan yang mengundang Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta itu akan dihadiri oleh guru guru dari sekolah negeri, swasta dan madrasah. Pelatihan guru fasilitator dengan nara sumber Risang Rimbaatmaja akan digelar pada hari tersebut.

Penggagas STST Program, Danang Hidayatullah menjelaskan bahwa hingga saat ini sudah lebih dari 50 sekolah menghubungi panitia untuk mensupport program STST.

“Sebagian besar sekolah sudah mendapatkan jadwal pelatihan hingga Agustus nanti. Kami yakin jumlah sekolah yang siap bersinergi dengan program IGI akan terus bertambah. Sharing and growing together yang merupakan motto IGI menambah semangat teman teman untuk terus berbagi dan menginspirasi”, lanjut Danang

Pendaftaran STST Program, pihak sekolah dapat menghubungi Humas IGI DKI, Sdr. Syaripudin (WA 0853-1334-5914)

Comments

comments