IGI DKI JAKARTA dan IGI BALI SUKSES GELAR GETRA BERSAMA

0
60

IGI DKI JAKARTA dan IGI BALI SUKSES GELAR GETRA BERSAMA

oleh Lilis Ikaningsih

Ikatan Guru Indonesia Wilayah DKI Jakarta bekerjasama dengan Ikatan Guru Indonesia Wilayah Bali didukung oleh imoo Watch Phone sukses menyelenggarakan kegiatan seminar Gerakan Teknologi Ramah Anak/GETRA di aula Diknas Pendidikan Provinsi Bali (27/10/19). Dalam kesempatan itu IGI DKI Jakarta juga mensosialisasikan School to School Training (STST) Program yang sudah berjalan hampir dua tahun. STST Program adalah program pelatihan gratis bagi guru/sekolah untuk meningkatkan kompetensi guru. Sampai saat ini sudah lebih dari 5000 guru yang merasakan manfaat STST Program dan terus bertambah seiring berjalannya waktu.

Kegiatan yang dihadiri oleh 155 kepala sekolah itu mengusung tema “Peran Positif Teknologi dalam Tumbuh Kembang Anak”.

Psikolog Hari Imam Wahyudi, S.P.Si, salah satu pembicara kali ini mengingatkan untuk tidak memberikan gadget pada anak di bawah usia golden age. Ketika orang tua memutuskan untuk memberikan gadget kepada buah hatinya, maka ia harus paham bahwa anak-anak di usia tersebut hanya diperbolehkan menggunakan gadget selama 15 hingga 30 menit perhari dan tentunya tetap dalam pengawasan selama penggunaannya.

“Anak-anak akan menjadi pribadi yang “sulit” berinteraksi dan beradaptasi di lingkungan baru, cenderung menjadi anak yang temperamen karena motorik kasarnya tidak distimulasi, sehingga anak-anak akan sulit membedakan sentuhan halus dan sentuhan kasar, mereka akan lebih mudah marah dan memukul ketika ingin mengekspresikan perasaannya terhadap orang lain, untuk itu orang tua zaman sekarang harus menjadi orang tua yang kreatif, mampu memilihkan dan menciptakan permainan baru yang melibatkan motorik kasar anak-anak”, ujar Hari Imam Wahyudi.

Roadshow GETRA (Gerakan Teknologi Ramah Anak) sendiri digagas oleh IGI (Ikatan Guru Indonesia) Wilayah DKI Jakarta dan didukung oleh imoo Watch Phone. GETRA sudah menyelesaikan roadshow di 5 kota berbeda, dimulai dari Bandung, Medan, Yogyakarta, Surabaya, dan Bali. Bagi IGI (Ikatan Guru Indonesia) GETRA adalah sarana penyampaian kepada guru-guru di seluruh wilayah Indonesia akan pentingnya keselamatan anak dalam menggunakan teknologi. Guru harus “melek” teknologi supaya dapat memberikan pemahaman yang baik kepada siswa tentang pentingnya teknologi.

IGI (Ikatan Guru Indonesia) akan terus berbagi dan tumbuh bersama. Seperti filosofi yang bisa dipetik dari imoo, “dilihat atau tidak ia akan tetap berdenting, dihargai atau tidak ia akan tetap berputar, meski tak seorangpun mengucapkan terimakasih ia tetap bekerja menebar manfaat bagi orang sekitarnya”.

Comments

comments