Guru Tangsel Belajar Ngeblog dan KTI

0
550

Abd. Aziz Rofiq

Merawat komitmen memang membutuhkan perjuangan. Namun didasari oleh tekad kuat untuk meningkatkan kompetensi guru, pada tanggal 1-2 April 2017 IGI Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten kembali menyelenggarakan pelatihan dengan materi pembuatan blog dan karya tulis ilmiah (KTI). Pelatihan bertempat di SDIT As Salaamah komplek Pamulang Permai 2, Pamulang, Tangsel.

Pada saat pembukaan Shobirin an. Kepala SDIT As Salaamah mengungkapkan kegembiraannya atas keputusan IGI Tangsel memilih sekolahnya sebagai tempat pelatihan. “Kami sangat senang dipilih sebagai tempat pelatihan, oleh karena itu kami mengikutsertakan 24 orang guru termasuk saya untuk ikut belajar bersama membuat blog dan KTI, sekaligus masuk sebagai anggota IGI,” ungkapnya.

Di hari pertama peserta sebanyak 100 orang mendapat materi membuat blog di bawah bimbingan Danang Hidayatullah (Danhid). Dari pagi hingga sore Danhid memuaskan keingintahuan peserta mulai dari membuat akun sampai mengisi blog. Diakhir pelatihan peserta berhasil membuat blog masing-masing yang siap diisi dan dimanfaatkan sebagai media pembelajaran.

KTI disajikan pada hari kedua dengan narsum Fikron al Choir dan Suroso. Keduanya merupakan guru Tangsel yang pernah menjadi juara KTI tingkat provinsi dan nasional. Seperti diketahui bahwa KTI seringkali menjadi batu sandungan kenaikan pangkat terutama guru PNS, oleh karena itu peserta antusias mengikuti arahan narsum. Pada pelatihan ini peserta dibimbing cara membuat KTI sehingga layak mendapat penilaian dengan predikat minimal baik.

Sebagai syarat mendapatkan sertifikt, peserta diwajibkan menyelesaikan tugas terpadu kedua materi tersebut. Mereka diwajibkan menampilkan KTI bab I sampai bab III di blog masing-masing, selanjutnya dibagikan di grup facebook IGI Tangsel 2016.
Tanggapan

Pelatihan sedianya akan dibuka oleh Plt Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kota Tangsel Bp. Taryono, namun karena ada acara penting beliau berhalangan hadir. Sekalipun demikian, melalalui pesan WA di grup IGI Tangsel beliau mengapresiasi kegiatan IGI.

Khusnul Khotimah peserta dari Madrasah Pembangunan UIN menyatakan kepuasannya mengikuti pelatihan ini, “Saya lebih memahami tentang KTI apalagi dibawakan oleh narsum yang memiliki kompetensi dan jam terbang yang mumpuni di bidangnya,” demikian ujarnya.

 

Kepuasan peserta secara keseluruhan cukup tinggi. Berdasarkan angket yang disebarkan, 63% menyatakan bahwa materi pelatihan merupakan hal yang baru. Sekalipun blog dan KTI merupakan hal yang sudah lama ada namun karena tidak ada pengkondisian untuk mendalami lebih jauh maka pelatihan ini menjadi sangat penting. Dalam hubungannya dengan tugas sebagai guru 74% menyatakan materi pelatihan sangat membantu dalam melaksanakan tugas. Durasi waktu dua hari dirasakan sangat efektif oleh 72% peserta. Dengan perbandingan teori : praktik (20 : 80) peserta merasakan bahwa pelatihan sangat efektif untuk mengantarkan mereka menguasai materi.
***

Comments

comments