“EXAMORA Solusi Terbaik Untuk Ujian Daring” (Review Diklat Daring IGI Sumsel)

0
2133

EXAMORA
Solusi terbaik untuk ujian daring

Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa sudah menjalani Diklat Daring melaksanakan penilaian dengan Aplikasi Examora, sangat bermanfaat dan memberikan pengalaman baru. Bagi saya pribadi terasa luar biasa, begitupun dengan anak didikku. Tetiba heboh group WA belajar karena semuanya wajib pakai Examora, ada yang mengeluhkan sinyal, ada yang sudah masukkan token tapi tak mau mulai ujian, ada yang lagi mengerjakan tetapi mau keluar aplikasi (Langsung kirim foto layar HP, Anda ketahuan mencontek 😜). Itu secure nya agar mengerjakan dengan jujur, jadi kalo muncul keterangan “nyontek ” berarti ada aktifitas untuk berupaya keluar dr pinned.

Jadi lucu dan seru, token dibuat untuk 50 org. Tiap kelas saya bedakan tokennya. Ada ada yang ngeluh, “Pak sudah melampaui batas peserta!” Pasti sambil teriak kalau di kelas.

Itu tadi, ada yang hobi keluar masuk membuat token habis. Jumlah siswa tdk sampai 36 orang, jatah masuk 50 org koq kurang 😅. Ada-ada saja ya, langsung auto curhat dengan mentor.

“Memang begitulah Pak untuk uji coba awal, banyak siswa yang keluar dan masuk kembali.” Jelas Pak @dhony123 di akun Telegramnya.

“Difikirnya aplikasi Android biasa ya, bisa asal keluar saja. Padahal di saat sudah masuk token maka atomatis aplikasi akan tersemat. Tidak akan bisa ke google untuk cari jawaban atau screenshot soal di HP.” Berujar dalam hati sambil tersenyum.

Terima kasih IGI Sumatera Selatan yang telah memberikan kesempatan belajar hal yang baru dengan aplikasi Exam=Ujian (Examora). Kegiatan Daring berjalan 4 hari, dari membuat akun Googleoogle dan akun Microsoft (day1). Lanjut day2 membuat soal dengan Mform, day3 membuat soal dengan Gform, dan day4 praktik langsung mengaplikasikan Examora dengan melibatkan siswa secara langsung melalui kegiatan Ulangan Harian Daring.

Setelah kegiatan belajar daring peserta Diklat akan merasakan mendapatkan ilmu baru yang bermanfaat, sertifikat pelatihan dengan 32 JP, dan mendapatkan nilai Hasil Ulangan Harian peserta didik untuk dimasukkan dalam penilaian Raportnya.

“BELJAR DARI COVID-19,” bukan hanya sekedar ucapan Hardiknas semata. Semboyan ini benar-benar dilaksanakan. Karena Daring IGI SUMSEL bermula dari Pandemi ini, dan setiap musibah pasti ada hikmahnya.

KEPO DENGAN EXAMORA?

Examora merupakan platform penyedia keamanan ujian daring yang mudah digunakan. Silahkan download di Google Play. Bagaimana mengimplementasikannya ikuti Daring bersama IGI SUMSEL.

MENGAPA MEMILIH EXAMORA?

1. Keamanan ujian
Beberapa fitur sistem dinonaktifkan untuk meminimalisir tindakan kecurangan pada saat ujian, seperti layar pisah, rekam layar, tangkap layar, dan masih banyak lagi.

2. Mudah dan nyaman
Examora tidak memperlukan konfigurasi apapun, sehingga dapat langsung digunakan. Pada saat aplikasi dijalankan, notifikasi dan panggilan telepon diblokir sehingga murid tidak terganggu pada saat mengerjakan ujian.

3. Sistem token
URL ujian diamankan dengan verifikasi menggunakan token yang hanya dapat digunakan di aplikasi Examora dan bersifat rahasia.

Muara Enim, 6 Mei 2020
Teddy Handika, S.Pd., M.T.
Pengurus Pusat Ikatan Guru Indonesia
Waketum Regional Sumsel-Babel2

Comments

comments