Euforia Alumni Gelis (Gerakan Literasi Sekolah) Jilid 2 Sagusaku IGI Di Hardiknas 2019

0
79

Euforia Alumni Gelis (Gerakan Literasi Sekolah) Jilid 2 Sagusaku IGI Di Hardiknas 2019

  • Oleh
    Eka Fitriani, S.Pd
    (Coach SAGUSAKU, IGI Kabupaten Muara Enim)

MuaraEnim, Kamis (02/05/2019). Sebanyak 63 karyadari 62 orang guru dari berbagai SD/MI, SMP dan SMA se-Kabupaten Muara Enim dan 1 orang peserta didik dari SMP IT Rabbani berhasil diluncurkan pada upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional, tanggal 2 Mei 2019 kemarin yang bertempat di lapangan merdeka, kabupaten MuaraEnim. Buku-buku tersebut merupakan karyadari para guru yang telah mengikuti program GELIS (Gerakan Literasi Sekolah) SAGUSAKU (Satu Guru Satu Buku), Ikatan Guru Indonesia. Guru-guru yang telah menghasilkan karya tersebut mendapatkan piagam penghargaan dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten MuaraEnim. Euforia bahagia terpancar dari para guru tersebut ketikaBapak Ir. H. Ahmad Yani, Bupati MuaraEnim beserta jajarannyamemberikan ucapan selamat kepada mereka.

Drs. H. Zaenal Abidin, M.Si, selaku pelaksana tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten MuaraEnim memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan kegiatan ini untuk membangkitkan kegiatan literasi di Bumi Serasan Sekundang Kabupaten MuaraEnim.Beliau juga hadir dan memberikan ucapan selamat kepada guru-guru yang telah berkarya lewat program wisata literasi GELIS (GerakanLiterasiSekolah), SAGUSAKU IGI ini. Perayaan Hardiknas tahun 2019 ini juga dihadiri oleh Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten MuaraEnim, . Drs.H. Winarto, M.M Beliau berpesan untuk menularkan motivasi berliterasi ini kepada guru-guru dari sekolah lain yang belum mendapatkan kesempatan. Kemudian Kasi PesertaDidik dan Pembangunan Karakter Dinas Pendidikan Kabupaten MuaraEnim Abi Nurwadani, M.Or juga memberikan masukan agar 63 guru yang telah mendapatkan piagam penghargaan karena berhasil menyelesaikan buku ini rutin mengirim tulisan untukdimuat di majalah edukasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muara Enim setiap bulannya.

Ketua Ikatan Guru Indonesia, Kabupaten Muara Enim Bambang Sugiantoro,M.Pd berharap kegiatan ini akan terus berlanjut dimasa yang akan datang untuk memotivasi seluruh guru seKabupaten Muara Enim dalam membangkitkan kegiatan literasi di Bumi Serasan Sekundang Kabupaten Muara Enim. Dalam waktu dekat kami berencana mengadakan kegiatan launching khusus karya-karya GELIS jika semua bukunya sudah selesai cetak, dengan harapan bisa menambah motivasi guru-guru Kabupaten MuaraEnimu untuk lebih semangat menulis. Kegiatan Gelis (Gerakan Literasi Sekolah) Satu Guru Satu Buku) Sagusaku yang ada di Muara Enim ini merupakan contoh bagi Kabupaten lain yang ada di Sumatera Selatan karena kegiatan seperti ini belum terlaksana dengan baik dan belum menghasilkan banyak buku di Kabupaten lain.

Comments

comments