Dewan Guru Buat Komik Pembelajaran

1
1082

Barabai-MTsN Batu Benawa. Dalam rangka menindak lanjuti kegiatan seminar dan pelatihan pembuatan komik pembelajaran berbasis IT yang dilaksanakan Ikatan Guru Indonesia ( IGI ) Kabupaten Hulu Sungai Tengah Madrasah Tsanawiyah Negeri Batu Benawa melakukan pelatihan lanjutan untuk dewan guru MTsN Batu Benawa dengan guru pendamping Muhammad Isnaini, S.Pd.I yang dilaksanakan pada jam kosong bagi guru yang tidak mengajar di kelas.

Nampak terlihat guru sangat antusias dan serius mempraktikkan pembuatan komik pembelajaran dengan menggunakan laptop mereka masing- masing sambil memperhatikan layar LCD proyektor yang digunakan guru pembimbing pembuatan komik pembelajaran hingga tuntas dengan hasil setiap guru yang ikut pelatihan dapat membuat komik pembelajaran sendiri., Kamis (25/08/16) di Ruang Dewan Guru.

Muhammad Isnaini selalu guru pembimbing mengatakan ” Bimbingan lajutan ini sengaja kita lakukan agar hasil pelatihan sebelumnya benar- benar dapat digunakan guru untuk melakukan inovasi media pembelajaran, sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan dan dapat dengan mudah dipahami oleh siswa,” Terangnya.

” Aplikasi yang digunakan untuk pembuatan komik pembelajaran ini adalah Akvis Skatch sebagai software pengolah gambar dan aplikasi Comic Life 3 sebagai software untuk desain dan layout komik dengan hasil rata- rata setiap guru dapat menyelesaikan komiknya dalam waktu 1 jam,” Tambahnya.

Sementara itu Kepala Madrasah Drs. Saibani mengatakan ” Saya menyambut baik kegiatan ini dan saya sangat mendukung karena kegiatan ini sangat membantu guru dalam meningkatkan kompetensinya dalam mengajar dengan selalu melakukan inovasi atau pembaharuan dalam setiap penyampaian materi pembelajaran,” Terangnya.

” Madrasah sudah menyediakan fasilitas bagi guru yang mengajar dengan menyediakan LCD proyektor didalam kelas yang telah terpasang secara permanen, dan kami harapkan tinggal pemanfaatannya bisa di maksimalkan oleh guru pengajar di kelas,” Tambahnya.

Anis Zulaikha Rakhman, S.Pd peserta pelatihan mengatakan ” Dengan Bimbingan ini saya dapat menambah wawasan dan pengetahuan sebagai modal baru dalam bimbingan berupa komik pembelajaran untuk memberikan informasi dan bimbingan jkepada peserta didik dengan tujuan siswa dapat memahami bimbingan dengan cepat dan mengasyikkan,” Ujar guru BK ini. (Rep/Ft:nain)

Comments

comments

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here