DENGAN IGI (IKATAN GURU INDONESIA) KITA BERBAGI DAN BERKARYA

0
924

Aswar Anas,
(IGI Sumbawa Barat)

Ikatan Guru Indonesia(IGI) merupakan organisasi Profesi yang lebih menitik beratkan pada peningkatan Profesionalisme guru. Salah satu bentuk kepedulian terhadap guru yaitu telah dilaksanakan berbagai macam kegiatan Pelatihan/Workshopdan TOC (training Of Coach)untuk guru-guru yang masuk anggota IGI di seluruh pelosok Indonesia. Ikatan Guru Indonesia telah melaksanakan workshopdiantaranya SAGUSATAB (Satu Guru Satu Tablet, SAGUSANOV (Satu Guru Satu Inovasi) dan SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog) guna dalam peningkatan Profesionalisme guru.

Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, pasal 14 dan 15 Undang-undang tersebut menyatakan bahwa guru berhak memperoleh penghasilan di atas kebutuhan hidup minimum dan jaminan kesejahteraan sosial, meliputi gaji pokok, tunjangan yang melekat pada gaji serta penghasilan lain berupa tunjangan profesi, tunjangan fungsional, tunjangan khusus dan maslahat tambahan yang terkait dengan tugasnya sebagai guru yang ditetapkan dengan prinsip penghargaan atas dasar prestasi.

Dalam hal ini guru diharuskan meningkatkan profesionalisme dalam bekerja. Guru tidak selayaknya bekerja biasa saja seperti era sebelumnya, melainkan harus menunjukkan komitmen dan tanggung jawab yang tinggi. Setiap kinerjanya harus dapat dipertanggungjawabkan baik secara publik maupun secara akademik. Untuk itu guru harus memiliki landasan teoritik atau keilmuan yang mapan dalam melaksanakan tugasnya mengajar ampun membimbing peserta didik

Dalam kegiatan pembelajaran seorang guru sudah pasti akan berhadapan dengan berbagai persoalan baik menyangkut peserta didik maupun metode pembelajaran. Sebagai seorang profesional guru harus mampu membuat profesional yang didasarkan pada data sekaligus teori yang akurat. Selain itu guru juga harus melakukan peningkatan mutu pembelajaran secara terus menerus agar prestasi belajar peserta didik optimal. Untuk mewujudkan hal tersebut Ikatan Guru Indonesia(IGI) telah melaksanakan berbagai macam pelatihan,workshop dan TOCdi seluruh penjuru Indonesia. Pelatiah-pelatihan yang telah dilaksanakan antara lain : SAGUSATAB, SAGUSANOV dan SAGUSABLOG dan lain-lain. Pelatihan SAGUSABLOG telah menghasilkan ribuan blog-blog guru yang dapat diakses di internet. Guru dibekali dengan kemampuan dalam membuat Blog sehingga para Bapak/Ibu Guru menjadi melek IPTEK.

Training Of Coach (TOC) telah melatih banyak guru yang masuk anggota IGI untuk dapat menularkan ilmu yang diperoleh pada pelatihan kemudiandiajarkan kepada guru yang lain. Pada pelatihan TOC kami diberikan materi tentang animasidrawing, yang sangat bermanfaat bagi kami didalam membuat video pembelajaran untuk anak didik kami. Video animasi drawing ini akan membuat anak didik yang kami ajarkan menjadi lebih semangat di dalam mengikutipelajaran.

Dewasa ini, dengan diadakannya program pelatihan, workshop danTOCyang terintekrasi satu sama lainnya. Para guru pendidik khususnya di organisasi Ikatan Guru Indonesia (IGI) dituntut untuk mampu membuat suatu perubahan yang besar terhadap dunia pendidikan.Tuntutan agar guru mampu membuat suatu perubahan pada dunia pendidikan semakin gencar dilakukan oleh IGI (Ikatan Guru Indonesia) melalui budaya Literasi. Hal ini dibuktikan dari banyaknya Blog-Blog Guru yang kreatif dan Inovasi. Karena itulah maka guru di Indonesia dapat memperoleh informasi tentang dunia pendidikan di Blog Guru SAGUSABLOGdan belajar dari teman guru yang sudah dilatih dalam kegiatan TOC yang hampir di seluruh Indonesia.

Kegiatan TOCtelah membawa banyak perubahan pada diri kami sebagai seorang pendidik. Tidak ada kata yang pantas kami ucapkan selain ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada IGI (IKATAN GURU INDONESIA) yang telah melaksanakan pelatihan, workshop dan TOC untuk memajukan guru di seluruh Indonesia. Maju terus IGI…, Jayalah Indonesia.

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here