Daring IGI Inhil Gemilang Edisi 1: “Pengenalan Room Webex”

0
1489

Halo guru, hebat

Virus Corona atau Covid-19 yang saat ini sedang mewabah dan sudah menjadi pandemi global, membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan Social Distancing. Hal ini juga berdampak terhadap dunia pendidikan, pengalihan Proses Belajar Mengajar (PMB) dari sekolah ke rumah atau pembelajaran dalam jaringan (daring), menuntut pelaku pendidikan terutama guru untuk dapat menguasai teknologi yang dapat menunjang kegiatan PBM daring tersebut.

Era revolusi industri 4.0 membawa revolusi pada dunia pendidikan. Pemanfaatan teknologi digital dalam proses pembelajaran, peningkatan tugas, dan peningkatan kompetensi guru, tak bisa lepas dari arus perkembangan informasi dan teknologi.

Menghadapi tantangan tersebut, guru sebagai garda terdepan dalam dunia pendidikan dituntut untuk siap berubah dan melakukan perbaikan dalam berbagai perannya. Kreativititas, inovasi menjadi sesuatu yang tidak bisa diabaikan.

Pelatihan Koordinator Virtual (VCT) merupakan kegiatan dari SEAMEO yang hadir menyapa guru dan siapa pun yang ingin belajar dan mengikuti perkembangan yang ada. Dengan mengikuti pelatihan VCT kita akan tergabung dalam sebuah sistem pelatihan online menggunakan aplikasi webex tanpa batas ruang dan waktu.
Cisco WebEx atau biasa di sebut WebEx adalah sebuat situs yang menyediakan layanan meeting room, berfungsi untuk memberikan sebuah ruangan yang dikhususkan untuk meeting secara online.

Inilah yang melatarbelakangi Ikatan Guru Indonesia Kab. Indragiri Hilir (IGI Inhil) untuk bergerak dalam satu bingkai berbagi ilmu untuk kemajuan bersama. IGI Inhil dengan program “Daring Inhil Gemilang” salah satu program yang memberikan kemudahan untuk guru-guru Inhil bisa belajar via Daring mulai dari awal dalam penggunaan aplikasi webex mulai dari pengenalan room, bagaimana menjadi presenter, host, moderator, dan penggunaan tools yang tersedia lainnya.

Kebermanfaatan ilmu yang didapatkan inilah terus dikembangkan oleh sahanat-sahabat yang tergabung dalam tim “Daring Inhil Gemilang” untuk bisa bergerak dan belajar bersama dengan guru-guru Inhil.

Alhamdullillah apresiasi dari dinas pendidikan Kab. Indragiri Hilir melalui Plt Kadisdik Kab. Indragiri Hilir H. Fathurrahman, S.Ag., M.Pd mendukung penuh dengan program perdana daring ini.

Kemajuan dunia pendidikan harus menjadi tanggungjawab bersama bukan hanya diletakkan dibahu dinas pendidikan ataupun institusi pendidikan saja tetapi semua individu berperan bersama untuk kemajuan bersama.

Sahabat guru, mari bergabung dan belajar bersama via Daring dalam program Daring Inhil Gemilang memfasilitasi kegiatan dalam peningkatan kompetensi guru baik dalam pengetahuan, penguasaan teknologi, inovasi dan kreativitas yang diisi oleh narasumber yang berkompetensi di bidangnya masing-masing baik dari Kab. Inhil maupun dari luar. Narasumber berasal ada yang dari guru, pengawas, kepala sekolah, praktisi pendidikan, konsultan pendidikan, pengusaha, psikolog, dan lainnya. Baik dari guru berprestasi, pengawas berprestasi, kepsek berprestasi, pemenang inobel, dan lainnya. Kegiatan ini GRATIS dan terbuka untuk umum lintas komunitas dan organisasi yang ingin bersama-sama belajar.

Catat tanggal mainnya dan klik link yang tersedia :

Link webex : http://gg.gg/daringgemilanginhil
Meeting Number : 290 625 717
Password : 12345

Pelaksanaan :

Hari/tgl : Senin, 11 Mei 2020
Waktu : 10 s.d 11.30 wib
Materi : Pengenalan Room Webex

Narasumber : Laila Suryani, S.Pd (Guru SMPN 2 Tembilahan Hulu)
Moderator : Wirdayane, S.Pd. SD (Guru SDN 017 Seberang Tembilahan)
Host : Yarni N, S.Pd. SD (Guru SDN 032 Tembilahan)
Desain, narasi, presensi, dan rekap : Tim daring Inhil Gemilang

Jangan lupa sahabat guru semua untuk mengambil bagian dalam kegiatan “Daring Inhil Gemilang” launching perdana untuk guru semua.

Comments

comments