“Bimtek Literasi Produktif Berbasis IT Buka Mata Guru Pentingnya Teknologi Informasi”

0
1148

Salah satu upaya peningkatan mutu guru, Ikatan Guru Indonesia Kabupaten Hulu Sungai Tengah laksanakan bimbingan teknis yang bertemakan Melek Literasi Produktif Berbasis IT. Kegiatan ini diselenggarakan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Barabai Utara. Peserta terdiri dari guru-guru Madrasah Ibtidaiyah dan MTs Kabupaten Hulu Sungai Tengah, dan bertindak sebagai fasilitator adalah Muhammad Isnaini S.Pd.I selaku trainer IGI Hulu Sungai Tengah.

igi-barabai2Dalam sambutannya ketua IGI Kabupaten Hulu sungai Tengah Drs. Abdul Hamid mengatakan “Kegiatan ini merupakan agenda dari Ikatan Guru Indonesia Kabupaten Hulu Sungai Tengah untuk berbagi pengalaman, pengetahuan, serta keterampilan kepada guru-guru madrasah Ibtidaiyah dan MTs dalam melakukan literasi atau menulis, dan juga dengan kegiatan ini akan menumbuhkan semangat guru-guru dengan menguasai peralatan teknologi berupa laptop maupun tablet yang digunakan dalam waktu proses pembelajaran,”. Terangnya.

Dalam paparannya fasilitator IGI Hulu Sungai Tengah membuka jalannya bimtek dengan menampilkan barcode Reader yang tentunya mengundang tanda tanya bagi peserta, peserta yang sudah membawa Tablet diminta untuk membuka Playstore dan menginstal aplikasi qr reader dan masing-masing mereka dipersilahkan untuk mengarahkan kamera qr reader untuk memindai barcode yang ada dilayar monitor sehingga data diri fasilitator langsung bisa tersimpan di tablet maupun android mereka masing-masing, ini merupakan awal yang sangat menarik dalam sebuah kegiatan pembelajaran yaitu dengan menarik minat, keinginan, partisipasi dari peserta bimbingan teknis sehingga fasilitator dengan mudah menggiring mereka untuk mencapai target training yang telah ditetapkan, dari sini muncul keinginan dari peserta pelatihan untuk bisa membuat dan menggunakan barcode untuk diri mereka masing- masing, satu hal lagi yang membuat para peserta latihan lebih semangat dengan melakukan kegiatan membaca dengan telinga dengan menggunakan aplikasi @voice dan menulis dengan mulut menggunakan aplikasi ColorNote sehingga mereka masing-masing mempraktekkannya dan menghasilkan tulisan-tulisan dari apa yang mereka ucapkan yang selanjutnya dikirim ke aplikasi @voice untuk membacakannya.

Muammar, S.Pd.I peserta bimbingan teknis mengatakan “Hari ini, hari ini yang sangat luar biasa dan baru kali ini kita mendapatkan pengetahuan bagaimana mengoptimalkan fitur-fitur atau aplikasi yang bisa digunakan pada handphone Android yang kami miliki dan tentunya akan memudahkan bagi kami untuk mengeluarkan pemikiran-pemikiran, ide- ide, gagasan yang ingin kami tulis cukup dengan berbicara di depan Android kami, maka apa yang kami ucapkan jadi teks tulisan dan juga cukup mendengarkan apa yang kami tulis melalui Android kami ini,”. ungkapnya.

Di kegiatan ini fasilitator dengan sukarela berbagi pengetahuan dengan guru-guru peserta bimbingan teknis tanpa harus membayar sepeserpun, akan tetapi fasilitator Muhammad Isnaini hanya meminta bayaran berupa laporan hasil mengikuti kegiatan yang dikirim ke alamat misna ini004@gmail.com dengan laporan minimal 4000 kata, sebagai ganti untuk mengambil sertifikat tanda mengikuti bimbingan teknis melek literasi produktif berbasis IT dalam waktu 2 hari kedepan dan bayaran berikutnya peserta wajib mengajarkan kepada guru-guru yang lain apa yang telah mereka dapatkan di dalam bimbingan teknis ini. Inilah yang yang menjadi ciri khas dan diterapkan oleh IGI, sesuai dengan mottonya shering and growing together.
Salam Literasi
Muhammad Isnaini
IGI Hulu Sungai Tengah

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here