4230 GURU TERLIBAT, LEBIH DARI Rp.150 JUTA DARI SAMSUNG, 16 KABUPATEN/KOTA DI DORONG MENGEMBANGKAN LITERASI PRODUKTIF BERBASIS IT

0
2559

Dibuka oleh Wakil Bupati Pangkep di Pangkep ditutup Sekda Takalar di Takalar, dimulai 5 September 2016, berakhir 26 September 2016. Melibatkan ratusan panitia di 16 kabupaten/kota dengan jumlah peserta 4230 guru. Begitulah gambaran singkat perjalanan Road Show Literasi Produktig berbasis IT di sepanjang semenanjung Sulawesi bagian selatan.

IGI Wilayah Sulsel bersama IGI Daerah Se Sulsel betul-betul membuat torehan sejarah pengembangan kemampuan guru di Indonesia. IGI memang dilahirkan untuk menggerakkan, menggerakkkan peningkatan mutu guru di Seluruh Indonesia. 

Saya yakin sepenuhnya, pemerintah membutuhkan dana milyaran rupiah untuk menyelenggarakan kegiatan seperti ini. Untuk itulah, pemerintah seharusnya memanfaatkan IGI sebagai wadah mengembangkan kompetensi guru dengan cara yang elegan dan minim biaya. IGI memang sudah berkomitmen bersama-sama pemerintah mendorong dan mengerjakan upaya peningkatan mutu guru. Tak hanya sekedar berteori, berdebat dan mengkritik pemerintah tapi terlibat langsung dalam peningkatan mutu guru.

IGI Sangat sadar, Kompetensi Guru adalah masalah terbesar dunia pendidikan kita sekaligus masalah terbesar bangsa ini.

Di beberapa daerah IGI coba dihambat oleh kelompok-kelompok yang tak menginginkan pendidikan ini maju, tak menginginkan guru-guru kita cerdas dan terdidik, tak menginginkan guru-guru kita merdeka dan berpikir serta bertindak cerdas. Tapi buat kawan-kawan IGI, itu adalah pernak-pernik perjuangan, bumbu kegigihan dalam mendorong peningkatan mutu guru.

Kami hanya berharap pada mereka, jika tak mampu berbuat, setidaknya jangan menghambat karena menghambat IGI meningkatkan kompetensi guru adalah upaya membawa guru pada posisi stagnan dan semakin terpuruk.

Pada 16 kabupaten/kota ini, masih juga ada pihak-pihak tertentu yang mencoba menghambat pergerakan IGI dalam mengembangkan kompetensi guru tapi kegigihan dan keberanian kawan-kawan membuat IGI mampu meraih simpati guru untuk terus bersama-sama meningkatkan kemampuannya, bahkan dihampir semua tempat, pejabat daerah menghadiri kegiatan IGI seperti Wakil Bupati Bulukumba bersama Kadis Dikpora dan kabidnya, Sekda Pinrang, Sekda Takalar, Kadis Dikpora Sidrap, Wakil Bupati Pangkep, Kadis Diknas Jeneponto, Kakandepag Barru, Kadis Diknas Pare pare, Kakandepag Wajo, Kepala LPMP Sulsel, Kepala LPPPTK-KPTK Gowa dan lainnya. Keberanian dan tekad untuk berubah menjadi lebih baik itulah yang mengundang simpati para pejabat di daerah.

Tiga pelatih kami turunkan dalam Road Show ini yaitu Abdul Kholiq, Master Sagusanov Nasional dari Jatim lalu Abdul Karim, Master Komik Pembelajaran Nasional dari Jateng dan Elyas, Master Animasi Drawing dari Yogya sebagai trainer nasional. Selain saya sebagai ketua umum IGI Pusat, juga mengisi di beberapa tempat Ketua Bidang Keuangan PP IGI, Nursyamsi dan Ketua Forum Literasi Nasional Kemendikbud, Satria Dharma.

Kerja keras dan kekompakan kawan-kawan pengurus Wilayah Sulsel yang dipimpin Edi Sutarto dan Ansar sangat tampak dalam Road Show ini, bahkan saat penutupan Road Show di Takalar, hampir semua Ketua IGI Daerah di Sulsel hadir di Takalar, mereka sekaligus menerima total hampir Rp. 150.000.000 (seratus lima puluh juta rupiah) sebagai DANA PELATIHAN GURU IGI dari PT. SAMSUNG Elekctronic Indonesia. Arfiani Babay selaku penanggungjawab umum kegiatan telah membuktikan kapasitasnya dalam road show ini.

Takalar, 26 September 2016
Muhammad Ramli Rahim

Ketua Umum Pengurus Pusat

Ikatan Guru Indonesia

#IGI

#Kemendikbud

#IKATAN GURU INDONESIA

#MRR

#Muhammad Ramli Rahim

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here