Workshop Menyusun Modul Bahan Ajar Ala SAGUSAMOD IGI

0
117

Selalu berbagi dan tumbuh bersama semua guru Indonesia memang sudah menjadi motto para IGIers. Dimana dan kapan pun itu, pasti akan dilakukan. Demikian pula dengan Pak Guru Heri Yudianto, Founder Kanal SAGUSAMOD bisa menyempatkan diri untuk berbagi ilmu ke sesama guru IGIers di sekitar Kota Makassar. Setelah mengikuti bimtek K3 oleh Kesharlindung dikmen, beliau tidak langsung pulang ke Surabaya, tapi bersedia tinggal dan berbagi ilmunya di SSLC Makassar selama 2 hari (13-14Juli 2019).

Para peserta merasa sangat bersyukur, karena Workshop Sagusamod kali ini adalah pertama hadir di pulau Sulawesi. Karena selama ini untuk mengikuti pelatihan Sagusamod, guru-guru harus berangkat ke pulau Jawa untuk menimba ilmu dan pengalaman dari kanal Sagusamod.

Selama 2 hari di SSLC, pak Heri Yudianto di dampingi oleh ibu Hamsinar, guru dari kabupaten Gowa yang pernah mengikuti pelatihan Sagusamod di Surabaya. Peserta yang hadir memenuhi ruangan SSLC datang dari beberapa kabupaten, dan terjauh dari kabupaten Bulukumba yg menempuh perjalanan sekitar 5 jam menuju Makassar.

Workshop ini juga berhasil menambah beberapa anggota baru ke sisfo IGI Sulawesi Selatan, dimana admin pusat Basri Lahamuddin dan admin wilayah standby di lokasi untuk melayani langsung pendaftar anggota baru.

Melalui workshop ini diharapkan guru-guru memiliki alternatif karya, yang mungkin berpikir sangat sulit menuntaskan sebuah karya buku, boleh memulai dengan membuat buku modul yang lebih sederhana. Ibu Musdalifah, seorang kepala sekolah di kabupaten Maros yang datang bersama beberapa orang gurunya menyatakan bahwa kegiatan workshop kali ini sangat bermanfaat. Guru-gurunya jadi lebih bersemangat untuk berkarya, sehingga secara tidak langsung semangat tersebut berimbas positif dalam pengembangan sekolah.

Pengelola SSLC menghimbau kepada peserta yang hadir, bahwa kegiatan di SSLC ini rutin setiap akhir pekan, tidak mengganggu jam mengajar, serta fasilitas dan ruangan SSLC ini terbuka untuk dimanfaatkan oleh komunitas guru dalam meningkatkan kompetensinya. Berharap ke depannya Pusat Pelatihan Guru IGI SSLC Makassar memberi manfaat yang besar dalam peningkatan kemampuan guru di Indonesia. Dari SSLC Makassar kita sebarkan semangat Sharing and Growing Together.

Ref./foto: Imron

Comments

comments