TRAINING OF TRAINER LITERASI PRODUKTIF BERBASIS IT

1
733

TRAINING OF TRAINER LITERASI PRODUKTIF BERBASIS IT
(Kesan dan Arah Pengembangannya)

Oleh MUHAMMAD AHMAD

Pelaksanaan TOT di LPMP Surabaya merupakan pelatihan yang cukup menarik untuk diikuti. Selain fasilitas yang memuaskan, para fasilitatornya pun merupakan para pendidik yang benar-benar pantas diberi gelar Master. Pelaksanaan TOT ini benar-benar perlu diberikan apresiasi. Dengan adanya fasilitas gratis, tiket pesawat dan akomodasi yang gratis bagi peserta serta potongan 50 % bagi peserta mandiri merupakan hal yang istimewa bagi anggota IGI.

Pengalaman TOT kali ini merupakan pelatihan yang sangat berkesan, bertemu dengan para pendidik kreatif dari berbagai daerah. Di samping itu TOT di LPMP membantu guru dalam meningkatkan kualitasnya. Karena dalam keberhasilan dalam mendidik tentunya setiap guru harus meningkatkan kemampuannya melalui pelatihan pelatihan.

Berkaitan dengan peningkatan kemampuan guru solusinya adalah bergabung dengan IKATAN GURU INDONESIA . Dengan mendaftarkan diri bergabung di IGI ini, merupakan hal yang benar bagi saya pribadi, karena hanya pada organisasi inilah saya mendapatkan banyak pengalaman dan pengetahuan yang sangat bermanfaat dalam proses pembelajaran di sekolah.

Oleh karena itu sepantasnyalah saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Pengurus Pusat IGI, Wilayah dan Daerah, Panitia Pelaksana, Kepala LPMP, dan Samsung, yang telah bekerjasama melaksanakan TOT dengan maksud meningkatkan kualias guru Indonesia sehingga dengan pelaksanaan TOT ini dapat membantu pencapaian Tujuan Pendidikan Nasional sebagaimana tertuang dalam UU Sisdiknas.

Sebagai salah satu peserta TOT Literasi Produktif Berbasis IT di Surabaya, yang mendalami kanal SAGUSANOV, telah mengembangkan dan menghasilkan beberapa karya yang disebut dengan Apk All In One. APK All in one merupakan hasil pengembangan dari karya Master Sagusanov Bapak Abd. Kholiq, S.Kom. yang diperoleh dari TOT di Surabaya. Ada 3 karya yang akan diluncurkan yaitu: 1. Apk Mapel All In One, 2. Apk Perangkat Pembelajaran All In One. 3. Apk. Materi Workshop All In One. Dari 3 Apk All In one tersebut memiliki manfaat dan kelebihan masing-masing.

Apk All In merupakan beberapa materi yang digabung menjadi suatu paket. Aplikasi-aplikasi dalam suatu paket biasanya memudahkan pengguna untuk mempelajari baik materi pelajaran, soal, perangkat pembelajaran ataupun materi workshop. Pada Apk tersebut terdapat beberapa vitur di dalamnya sehingga dirancang agar apk tetap ringan, murah dan meriah sehingga tidak membutuhkan kuota pada saat mengaksesnya. Dengan apk All in one ini, sangat praktis dan memudahkan para guru/trainer khususnya yang memiliki Samsung Tab A8.

Oleh karena itu, saya bertekad untuk mengembangkan SAGUSANOV dan terinspirasi dengan Istilah SAGUBASI yaitu SATU GURU BANYAK APLIKASI. Penggunaan istilah ini,menurut saya tidak lagi mengemukakan Satu Guru Satu Aplikasi, karena saatnyalah guru memiliki bukan hanya 1 aplikasi namun dalam proses pembelajaran, guru harusnya memiliki aplikasi yang bervariasi.

Khusus peserta dari Kabupaten Sidrap, akan meluncurkan aplikasi All In One dengan berisikan modul 6 Kanal. Mudah-mudahan dengan modul yang berbentuk aplikasi ini akan memudahkan para trainer dalam melatih masing-masing brand yang dimilikinya

Comments

comments

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here