TRAINING OF COACH (TOC) 2 SAMSUNG KALBAR

0
708

Segala puji bagi Allah SWT Tuhan yang Maha Esa. Tanpa Dia mustahil tulisan ini akan selesai. Salam kepada baginda Rasulullah SAW yang mana dari tangan dan do’a beliau telah lahir manusia-manusia pencetus peradaban yang berakhlakul karimah.

Setelah beberapa waktu berniat untuk membuat tulisan, akhirnya terwujud juga tulisan singkat ini guna memenenuhi persyaratan dan tugas akhir pada kegiatan Training Of Coach (TOC) yang berlangsung di gedung Samsung Pontianak jalan Jenderal Urip pada tanggal 19 -20 Desember 2016. Yang mana kegiatan ini berlangsung berkat kerjasama Ikatan Guru Indonesia (IGI) dengan Samsung sebagai merk produk yang sangat familier dengan masyarakat Indonesia khususnya Kalimantan Barat. Terlebih lagi produk-produk terbaru Samsung sangat mendukung dalam media pembelajaran yang tentunya dibutuhkan dalam memudahkan pentransferan ilmu dan teknologi kepada peserta didik di lembaga formal maupun non formal.

Adapun pada kegiatan TOC yang dilaksanakan oleh Ikatan Guru Indonesia di Pontianak Kalimantan Barat kali ini memberikan kesan dan pengalaman menarik yang dialami para peserta dan khususnya penulis pada saat akan mengikuti kegiatan TOC sampai akhir kegiatan. Setelah mendapatkan kabar bahwa “kami” beberapa orang guru dari Kabupaten Ketapang, tepatnya ada 5 orang guru yang tentunya telah tergabung dalam organisasi profesi IGI, lulus seleksi pada kegiatan Training Of Coach (TOC) 2 Samsung yang diselenggarakan selama 2 hari tepatnya tanggal 19 – 20 Desember 2016, saya beserta pak Supriadi, S.Pd dan pak Rudiansyah, S.Pd memutuskan untuk meluangkan waktu liburan kami untuk mengikuti kegiatan ini. Namun, kami masih belum mendapatkan kabar tentang 2 orang peserta dari Ketapang yang lainnya.

Sampailah pada kegiatan TOC yang di tunggu-tunggu, disinilah kami baru mendapat informasi dan bertemu langsung dengan teman guru dari Kabupaten Ketapang yang tadinya belum kami dapatkan informasinya. Perlu penulis sampaikan bahwa peserta dari Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat berjumlah 5 orang peserta yang terdiri dari 3 orang laki-laki dan 2 orang perempuan, yang mana semuanya utusan dari Kecamatan yang berbeda-beda, yaitu Kecamatan Benua Kayong, Delta Pawan, Matan Hilir Utara, Tumbang Titi dan Simpang Dua. Kecamatan Benua Kayong dan Delta Pawan terletak di jantung kota Ketapang, sedangkan kecamatan terjauh dari kota Ketapang adalah Kecamatan Simpang Dua, namun lebih dekat dengan ibukota Provinsi.

Pada kegiatan kali ini, 60% peserta dari Kabupaten Ketapang pertama kali mengikuti kegiatan yang dilaksanakan oleh Ikatan Guru Indonesia, karena memang organisasi ini di Kabupaten Ketapang bisa dibilang masih sangat belia. Namun Alhamdulillah walaupun bisa dibilang belia dengan informasi yang kami dapatkan kami merasa optimis organisasi ini merupakan wadah yang selama ini kami “guru” idam-idamkan, semoga saja dengan moto IGI “Sharing and Growing Together” kita bisa mewujudkan cita-cita mulia bangsa ini, yang tercantum dalam UUD 1945 “Mencerdaskan kehidupan bangsa”.

Training Of Coach begitulah kata-kata yang terngiang-ngiang dalam benak saya yang notabene belum pernah mengikuti kegiatan seperti ini. Dalam bayangan, saya berfikir kegiatan ini akan bersifat sangat formal dan akan membosankan. Dan ternyata benar adanya, kegiatan ini ternyata membuat saya sangat kalut dan gusar, karena saya merasa kegiatan ini waktunya terasa sangat singkat, mengapa? Karena 2 hari waktu yang diberikan kepada kami sebagai peserta dirasa sangat kurang, ternyata kegitan TOC ini lah yang selama ini kami inginkan sebagai guru. Kegiatan pertama di mulai dengan selayang pandang IGI oleh pak Maharani, M.Pd, yang selanjutnya kegiatan inti oleh Master Komik pak Abdul karim. Pada materi inilah kami merasa ilmu yang diajarkan oleh beliau sangat dibutuhkan oleh kami sebagai pendidik yang mana dihadapkan dengan tantangan teknologi yang sangat cepat dan deras, tentunya keilmuan seorang pendidik juga harus bertambah dan setidaknya menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan teknologi.

Setelah kegiatan TOC ini, insyaAllah kami alumni TOC 2 Samsung akan berbagi informasi bersama teman-teman guru yang lain agar ilmu yang ada dapat berkembang dan semoga bermanfaat bagi dunia pendidikan. Selanjutnya tak lupa kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada IGI dan tentunya kepada Samsung semoga kerjasama kita dalam memajukan pendidikan di Indonesia mendapat Rahmat dari Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Semoga di tahun yang baru ini kita diberikan semangat yang lebih untuk terus meningkatkan kompetensi dan terus berkarya demi kemajuan bersama, bangsa dan negara ini, amin.

Ketapang, 1 Januari 2017

Salahuddin, S.Pd.I
NTA.201613060000006

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here