TOT LITERASI PRODUKTIF IGI BUKAN TOT BIASA

0
675

TOT LITERASI PRODUKTIF IGI BUKAN TOT BIASA

Oleh:

Hibatun Wafiroh, S.Pd.Si,M.Pd.- Jatim

 

Puji syukur kepada Allah yang telah melimpahkan nikmat yang tak terhingga. Diantara nikmat itu adalah berupa kesempatan mengikuti Training of Trainer (ToT) Literasi Produktif Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Ikatan Guru Indonesia pada tanggal 6 -9 Oktober 2016 yang bertempat di LPMP Jatim, Jl. Ketintang Wiyata no 15 Surabaya. Berada di kegiatan ini membuatku semakin menyadari bahwa  ibarat air, ilmu  yang kuperoleh selama ini baru setetes dari samudera ilmu yang ada.

Mengikuti kegiatan tingkat propinsi, regional, ataupun nasional sebenarnya sudah bukan hal baru bagiku. Namun ToT yang diselenggarakan Ikatan Guru Indonesia ini sungguh sangat berbeda. ToT ini sangat menarik.  Orasi dari Pak Ketua IGI yaitu Pak Muhammad Ramli Rahim dan  Ketua Pelaksana Harian yaitu Bunda Rose yang cantik pada saat pembukaan telah membakar semangat para peserta. Demikian pula paparan Pak Gatot tentang Seamolec mengajak para peserta menikmati WebEx yang merupakan menu pertama kegiatan ToT ini.

 

ToT ini bukan ToT biasa. Menu trainingnya sangat variatif. Semua kanal yang ditawarkan sangat menarik, hingga semua peserta ingin mendapatkan semua menunya. Bahkan sebagian peserta ToT sebenarnya mampu membuka kanal dan menjadi fasilitator, namun beliau-beliau lebih suka menjadi peserta karena masih haus ilmu di kanal yang lain. Rasa tidak puas menghampiriku saat hanya bisa memilih 1 dari 6 kanal yang ada. Tapi apalah daya, untuk dapat mengikuti semua kanal itu tentu membutuhkan waktu yang tak sedikit. Hingga akhirnya peserta pun harus terima untuk memilih 1 kanal yang diinginkan. Dengan harapan setelah kegiatan ToT ini selesai, bisa saling share dengan teman-teman dari kanal lain.

ToT ini sangat berbeda. Bagaimana tidak? Dalam ToT ini tak ada workshop Kit dan tak perlu menggunakan blocknote. Tak selembar kertaspun digunakan kecuali saat harus mengisi biodata dan daftar hadir. Peserta asyik bereksplorasi dan betah berlama-lama menggunakan tablet Samsung A8 dengan sangat antusias. Banyak fitur yang selama ini peserta belum tahu dan Pak Banu dari PT Samsung Elektronik Indonesia dengan sabar memandu peserta dalam bereksplorasi.

Kehadiran para sesepuh dan pendiri Ikatan Guru Indonesia yaitu Pak Gatot, Pak Satria Darma, dan Pak Nanang memberikan inspirasi dan motivasi tersendiri. Para Fasilitator yang tulus berbagi juga mengimbaskan semangat tersendiri bagi para peserta.  Pak Mampuono- Sang Sekjen IGI  dengan Pak Karim sangat telaten membimbing peserta di kanal 1. Sang Master Sagusanov – Pak Abdul Kholiq dan Pak Elyas yang luar biasa memimpin peserta di Kanal 2. Di kanal lain, ada para penulis buku hebat seperti Pak Slamet Riyanto dan Pak Joko Wahyono yang sangat inspiratif dan mampu melecut semangat menulis peserta dengan program Sagusaku (Satu Guru Satu Buku). Ada pula kanal Pak Dahli dan Mr. Mung yang berbagi ilmu tentang blog (Sagusablog), Pak Sukari yang berbagi manajemen administrasi yang paperless dengan All in One server, dan juga para ahli KTI yang tergabung dalam kelas Sagusakti (Satu Guru Satu KTI).

Tuh kan…. Sekali lagi ToT ini sangat berbeda. Peserta ToT sebagian besar merupakan peserta terseleksi dan para Jawara Literasi. Semangat peserta maupun fasilitator sungguh luar biasa. Baru kali ini saya mengikuti pelatihan yang setiap harinya dimulai pukul 08.00 dan berakhir hingga pukul 24.00. Bahkan beberapa kelas masih melanjutkan materi setelah jam tersebut. Ini hanya ada di IGI! Luar biasa IGI-ers !!!

Sesuai yang disampaikan oleh Pak Ketum bahwa kegiatan ini adalah dari, oleh, dan untuk kita, Sharing and Growing Together. Maka para peserta yang punya kanal khusus pun bisa sharing pula di sini, namun sebagian besar peserta memilih berbagi di luar forum sehingga bisa tetap menimba ilmu di kanal yang dipilih. Yang masih terkesan juga adalah penampilan Pak Widadi dari DKI yang berinisitatif mengisi kegiatan ice breaking dengan gaya khasnya. Bahkan saat di ruang makan masih ada yang mengiringi dengan “tak ting ting ting tak ting ting”  (hehe)

Sekali lagi ToT ini bukan ToT biasa. Mitra IGI yaitu PT Samsung Elektronik Indonesia mendukung penuh dan ikut melatih serta memfasilitasi kegiatan ini. Dirjen GTK Kemdikbud juga memberi fasilitas penerbangan gratis dengan Garuda untuk 40 peserta ToT. Meskipun saya tidak ikut menikmati penerbangan gratis ini, namun ikut bersyukur karena IGI mendapatkan dukungan yang luar biasa ini dari Kemdikbud. Yang tak kalah hebat lagi adalah dukungan Kepala LPMP Jatim yang telah memfasilitasi penginapan yang sangat nyaman. Alhamdulillah.

Di akhir penutupan, Bapak Mohammad Ihsan- Dewan Pembina IGI memberikan motivasi yang dahsyat hingga peserta pun tak ada yang mengantuk. Kegiatan ToT di LPMP Jatim ini memang telah selesai. Namun semangat dan antusiasme para peserta masih terus menggelora hingga tetap berlanjut online dan bahkan banyak yang membuka kanal baru lagi pasca ToT.

Terimakasih kepada segenap Jajaran Pengurus IGI Pusat. Terimakasih Pengurus IGI Wilayah Jatim, PT Samsung Elektronik Indonesia, Dirjen GTK Kemdikbud, dan LPMP Jawa Timur. Terimakasih IGI.. Semoga semakin Jaya. (Wafi – 201605070000001)

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here