TOT Literasi Produktif Beri Semangat Guru Menggunakan IT

0
789

@ Sudarni Sir, Jeneponto, Sulsel

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Salam  IGIers…

Syukur Alhamdulillah bisa menjadi salah satu peserta di TOT Literasi Produktif Berbasis IT di Surabaya perwakilan dari IGI Jeneponto  Sulawesi Selatan. Tanpa pikir lama Saya mendaftarkan diri untuk mengikuti kegiatan ini. Saya merasa bangga bisa mendapatkan Informasi dan Teknologi atau yang sering kita dengar dengan IT, yang merupakan salah satu media pembelajaran yang sangat efektif untuk mentransfer ilmu guru kepada peserta didik. Apalagi pada zaman sekarang perkembangan teknologi kian hari kian berkembang dengan pesat bagaikan kilat menyambar di siang hari. Jika kita tidak mengenal dan mengikuti perkembangan IT tersebut, maka dapat dipastikan pendidik akan ketinggalan jauh.

Berfoto bersama bu Rose, Ketua Harian PP IGI
Berfoto bersama bu Rose, Ketua Harian PP IGI

Informasi dan Teknologi tidak bisa lepas dari proses pembelajaran khususnya di dalam kelas. Banyak media yang dapat digunakan dalam pemanfaatan dari keunggulan dan kecanggihan teknologi tersebut. Misalnya, LCD, Notebook, Televisi, Internet, HP dan sebagainya. Penggunaan IT tersebut tentunya dapat menunjang dan membantu para pendidik dalam menyampaikan sebuah materi pelajaran. Begitupun para siswa, akan dengan mudah tertarik dan kemudian diharapkan dapat memahami apa yang disampaikan oleh guru.

Tak ada gading yang tak retak, itulah pepatah yang mungkin juga bisa diterapkan dalam pemanfaatan IT sebagai media pembelajaran. Penggunaan IT tentunya terdapat banyak keunggulan dan tidak terlepas juga ada kelemahan di dalamnya. Mengapa demikian, karena pemanfaatan IT khususnya di Indonesia dengan melihat potensi SDM dari pendidik dan peserta didik belum banyak yang melek IT. Sehingga banyak faktor yang mempengaruhi pemanfaatan IT tersebut dalam pembelajaran. Sebagai contoh, banyak guru yang sudah mengantongi lembar sertifikasi sebagai guru profesional namun belum banyak yang melek IT, SDM dan sarana di wilayah peserta didik tidak mendukung untuk pemanfaatan IT.

Seiring dengan berkembang teknologi tersebut maka IGI sebagai organisasi profesi guru sangat luar biasa membantu sebagai facilitator kepada guru untuk tidak ketinggalan IT. Kegiatan “TOT Literasi Produktif Berbasis IT” ini secara pribadi memberikan pencerahan tentang teknologi dalam dunia pendidikan. Kegiatan ini sangat memberikan semangat dalam mempelajari penggunaan media utamanya penggunaan HP Samsung Tab A8.

Rasa penasaran dengan HP Samsung Tab A8 membuat saya ingin terus mencari tahu fitur dan aplikasinya. Mengikuti penjelasan dari PT Samsung, Kami para  peserta mengutak atik HP Samsung Tab A8 tua muda tak pandang usia tetap semangat untuk belajar.

Peserta TOT Literasi yang berjumlah 150 orang antusias dalam mengikuti kegiatan, saya sangat bangga bertemu dengan guru-guru hebat dari Sabang Sampai Merauke. Kami dibagi dalam 7 kanal. Saya masuk di kanal “SERDU SAGUSATAB” ini merupakan kanal baru penggunaan aplikasi intranet di sekolah tanpa menggunakan jaringan internet. Kanal ini juga mempunyai keunggulan aplikasi yang sangat membantu dalam mendokumenkan data-data sekolah. Luar biasa aplikasinya jadi tertarik untuk memilikinya dan mengetahui lebih banyak tentang “SERDU SAGUSATAB ” tapi karena keterbatasan ruang dan waktu maka dibuatkan forum berbagi di group @telegram.

Seiring waktu yang terus berputar kegiatan ini akan berakhir di malam minggu 8 okt. 2016 pk. 22.00, rasa sedih yang tak berujung karena tidak mengikuti 6 kanal lainnya secara maksimal tapi saya tidak putus asa karena di IGI kami bisa “sharing and growing together” dengan teman guru yang super hebat. Kami juga sangat senang dengan pelayanan panitia yang telah menyiapkan sarana yang luar biasa mulai dari kamar, konsumsi dan ruang belajar di LPMP Jatim. Terima kasih ketua IGI pusat MRR, ketua IGI daerah Jeneponto (Sulsel) Amirullah, Panitia Workshop TOT, Kepala LPMP Jatim, PT. Samsung Indonesia, dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini.

Sukses selalu bersama IGI.

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here