Songsong Tes PPPK Akhir November, IGI Wonogiri Gelar Webinar “Sukses PPPK Tahap 2”

0
375

Dalam rangka menghadapi tes PPPK Tahap ke 2 yang direncanakan digelar pada akhir November nanti, IGI Kabupaten Wonogiri bersama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri bekerjasama untuk mengadakan “Webinar SUKSES TES PPPK TAHAP KE 2”. Acara yang dilangsungkan melalui platform zoom meeting ini dilaksanakan pada Minggu, 7 November 2021 pukul 08.00 dan dibuka langsung oleh Rohmah Jimi selaku host.

Tidak tanggung-tanggung, acara yang berlangsung kurang lebih 4 jam ini menghadirkan dua pembicara yang mempuni di bidangnya yaitu Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd (Sekretaris Direktorat Jenderal GTK Kemdikbud) dan Dr. Dra. Yuli Bangun Nursanti, M.Pd selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri. Memasuki inti acara, setelah pembukaan dan doa kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Nunuk Suryani dan dipandu oleh Paryanti selaku moderator.

Kegiatan yang diikuti kurang lebih 900 peserta yang berasal tidak hanya dari daerah Wonogiri namun juga berbagai daerah lain di seluruh Indonesia seperti Sumatra Utara, Malang, Banten, Sukabumi dan berbagai daerah lain ini tidak terbatas hanya membahas terkait persiapan Tes PPPK Tahap ke 2. IGI Kabupaten Wonogiri juga menggandeng beberapa guru hebat dari Wonogiri, mulai guru kelas, PJOK maupun PAI sebagai mentor yang membersamai seluruh peserta untuk memberikan pendampingan dan berbagi pengalamannya tentang Tes PPPK Tahap ke 1 bulan lalu

Di sela kegiatan webinar, Nunuk mengimbau para guru mempergunakan waktu semaksimal mungkin untuk mempersiapan diri utamanya dalam menghadapi Tes PPPK Tahap ke 2 ini. “Masih ada 66% yang bisa diperebutkan lagi di ujian yang ke 2 dan ke 3.” Tutur Nunuk selain memberikan penjelasan terkait dengan persiapan-persiapan menjelang Tes PPPK Tahap ke 2.

Beliau juga sekaligus memaparkan bahwasannya Kemendikbud tidak tinggal diam menyikapi banyaknya aspirasi dari berbagai peserta terutama terkait dengan materi untuk Tes PPPK ke 2. Ditegaskannya bahwa Kemendikbud sendiri telah menyiapkan materi pembelajaran online untuk membantu kesiapan mengikuti ujian seleksi PPPK. Materi yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun tersebut berupa materi esensial dan rangkuman, juga terdapat pendukung berupa video dan audio untuk mempermudah calon peserta tes dalam mempelajarinya..

“Terkait dengan banyaknya aspirasi masyarakat untuk membedakan peserta dengan masa kerja yang sudah lama dan belum tentunya tidak semua dapat kami akomodir karena itu semua berhubungan dengan permenpan. Afirmasi masa kerja itu diberikan pada semuanya saja yang sudah masuk dapodik.” imbuh Nunuk yang menanggapi banyaknya sanggahan dari peserta berhubungan dengan masa kerja.

Kembali, Nunuk menandaskan bahwa di ujian tahap 2 ini terbuka bagi para guru untuk berkompetensi seluruhnya. “Untuk ujian tahap 2 sudah terbuka untuk berkompetensi sepenuhnya dan dilihat nilai tertinggi. Bagi guru induk dan noninduk, lulus guru PPG, individu yang memiliki bertifikat guru, dan belum mengajar. Seleksi kedua boleh memilih sekolah lain dan bukan sekolah sendiri tapi masih dalam satu daerah kewenangan.”

          Selepas penyampaian motivasi langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, sesi dilanjutkan dengan break out room untuk setiap mupel bersama dengan mentor di room masing-masing. Pukul 12.30 kegiatan diakhiri oleh Paryanti setelah dilakukan beberapa sesi tanya jawab.

Comments

comments