Siswa SMPN 2 Solor Barat Ikut Diklat Penulisan Puisi, Bangun Kerja Sama Dengan IGI Flotim

0
117

Sebanyak 88 orang siswa SMPN 2 Solor Barat, Sabtu, 23 Februari 2019 mengikuti diklat penulisan puisi. Kegiatan tersebut terselenggara atas kerja sama IGI Flores Timur dan SMPN 2 Solor Barat. Kegiatan tersebut berlangsung di ruang aula SMPN 2 Solor Barat di Kalike Kecamatan Solor Selatan.Kegiatan yang dibuka oleh Kepala SMPN 2 Solor Barat itu dimulai pukul 08.00 pagi sampai pukul 14.00 siang.

Dalam sambutannya saat membuka acara, Kepala SMPN 2 Solor Barat, Yohanes Joni Crowin, S.Pd menjelaskan bahwa untuk ukuran sekolah-sekolah di Solor khususnya pada tingkat SMP maka SMPN 2 Solor Barat inilah yang memiliki siswa yang paling banyak. Tercatat saat ini siswa SMPN 2 Solor Barat berjumlah 350 orang sedang jumlah guru sebanyak 25 orang. Ia juga menyebutkan bahwa di sekolah kami juga telah terbentuk Tim Literasi Sekolah (TLS), tuturnya dengan penuh semangat.

Kepala SMPN 2 Solor Barat yang akrab disapa Pak Jokro dalam sambutannya juga mengatakan bahwa SMPN 2 Solor Barat telah memiliki buletin sekolah yang diberi nama “Littera” yang terbit setiap 6 bulan sekali. Hal ini menunjukan bahwa kegiatan literasi sekolah di SMPN 2 Solor Barat sudah mulai berkembang dan terbukti telah menerbitkan buletin sekolah sebagai wadah dalam rangka meningkatkan bakat-minat dan daya kreatifitas siswa dan guru dalam hal tulis-menulis. Untuk itu, dengan hadirnya Tim Literasi dari IGI Flores Timur maka akan semakin memperkuat langkah kami dalam mengembangkan program literasi sekolah ke depannya, ungkap Pak Jokro dengan nada penuh optimis.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Kepala SMPN 2 Solor Barat juga mengungkapkan rasa terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pengurus Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Flores Timur yang bersedia untuk membangun kerja sama dengan lembaga yang dipimpinnya. Ia berharap bahwa kerja sama seperti ini untuk ke depannya mesti terus kita bangun dan tingkatkan dalam rangka peningkatan kompetensi guru dan siswa khususnya di bidang literasi, ujarnya dengan penuh harap. Ia juga menyinggung bahwa kegiatan literasi sekolah yang digulirkan oleh IGI Flotim ini adalah sebagai penguatan bagi lembaga kami dalam mengembangkan literasi sekolah ke depannya. Sehingga ke depannya setiap hari Sabtu, kami akan mengundang IGI Flores Timur untuk hadir kembali di sekolah kami untuk kegiatan literasi dan hanya di sekolah kami. Setidak nya kita bisa menulis biar orang tau bahwa kita ini masih hidup, terang Pak Jokro dengan nada meyakinkan saat mengakhiri sambutannya.

Sekretaris IGI Flotim, Damsianus Sepulo Tukan, S.Pd didampingi Wakil Ketua IGI Flotim dalam sambutannya, menyampaikan rasa hormat dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada lembaga SMPN 2 Solor Barat yang telah menyambut dengan baik dan penuh ramah kedatangan Tim Literasi IGI Flotim dalam rangka kunjungan literasi. Sekretaris IGI Flotim yang akrab disapa Pak Damsil, memaparkan bahwa IGI Flotim sebagai salah satu organisasi profesi guru telah berusia satu tahun dalam berkiprah peningkatan kompetensi guru di Kabuapaten Flores Timur ini sedangkan di tingkat nasional, Ikatan Guru Indonesia (IGI) telah berbadan hukum semenjak tahun tahun 2009 lalu, ungkap Damsil.

Pak Damsil juga menerangkan bahwa meski usianya masih muda, IGI Flotim telah dua kali menghadirkan kanal pelatihan nasional pada tahun 2018 lalu, yakni diklat Sagusaku (Satu Guru Satu Buku) yang dilaksanakan pada 17 Maret 2018 di hotel Fortuna Larantuka dengan mengahdirkan tiga orang pelatih dari pengurus IGI pusat dan Sagumanisan (Satu Guru Mahir Penilaian Berbasis Android) yang dilaksankan pada 01 Mei 2018 di aula S MA Surya Mandala Waiwerang dengan menghadirkan dua orang dari pengurus IGI Pusat.

Dalam kaitannya dengan literasi yang merupakan kanal pelatihan Sagusaku, IGI Flotim telah melaksanakan kegiatan literasi sekolah dalam bentuk Wisata Gelis (Gerakan Literasi Sekolah) di beberapa titik sekolah yang tersebar; di daratan Adonara dua titik yang melibatkan tujuh sekolah dan di beberapa titik yang tersebar di daratan Larantuka. Maka hari ini, Sabtu, 23/02/2019 Gelis IGI Flotim merambah ke titik Pulau wadas (Pulau Solor) tepatnya di SMPN 2 Solor Barat di Kalike Kecamatan Solor Selatan, tutur Damsil.

Adapun kegiatan Gelis IGI Flotim ini bertujuan, pertama; menggali potensi bakat-minat siswa dalam menghasilkan karya tulis berupa puisi, cerpen, dan kisah inspiratif lainnya. Kedua; karya tulis siswa akan dibukukan dalam antologi siswa dan ber-ISBN. Ketiga; mewakili sekokah setempat untuk ikut terlibat dalam kegiatan akbar kanal Sagusaku IGI Pusat, launching 1000 Buku serentak seluruh Indonesia 2 Mei 2019 ini dan Flores Timur akan mewakili Wilayah NTT terlibat dalam kegiatan spektakuler tersebut. IGI Flotim berencana untuk meminta bapak Bupati dan Wakil Bupati Flores Timur untuk melaunching buku perdana karya siswa flores Timur dari beberapa sekolah yang dalam waktu dekat bukunya akan diterbitkan, sekarang dalam progres, jelas Damsil.

Damsil menyampaikan bahwa, Tim Literasi dari IGI Flotim yang hadir menjadi pelatih hari ini berjumlah lima orang yaitu, Kamsudin Ridwan, selaku Wakil Ketua IGI Flotim, Damsianus S. Tukan (Sekretaris IGI Flotim), Paskalis kawuan (Bidang Literasi IGI flotim), Fransiskus X. Rate Rebon (Bidang IT IGI Flotim), dan Vinsensis B. Odi Kein (Bidang Literasi IGI Flotim). Mereka datang melawat ke Pulau Wadas (Solor Selatan) dalam rangka memberikan pendampingan literasi terhadap siswa-siswi, khususnya sekolah-sekolah tingkat SD, SMP, dan SMA di Kecamatan Solor Selatan, ungkap Damsil.

Damsil juga dalam sambutannya, memberikan motivasi kepada siswa-siswi SMPN 2 Barat agar jangan pernah merasa kaku dan takut untuk menulis. Tulislah apa yang anda pikirkan, apa yang anda lihat, dan apa yang anda rasakan. Ia juga memberikan contoh jika anda ingin mengupdate status anda di Facebook dan media sosial lainnya, coba lakukan upload sebuah foto kemudian berikan atau tulis deskripsi yang menjelaskan isi foto tersebut, sehingga dengan begitu potensi menulis akan terus terasah menjadi lebih baik dan berkualitas, jika hal ini dilakukan secara berulang-ulang, kata Damsil saat mengakhir kata sambutannya.

Comments

comments