SEMUA JADI BISA BERKAT TRAINING OF TRAINER (TOT) LITERASI PRODUKTIF BERBASIS IT SURABAYA

0
686

Dewi Lusiarini, SP
IGI  Kalimantan Ttengah

Sungguh suatu pengalaman yang luar biasa dan tidak saya bayangkan sebelumnya begitu serunya mengikuti TOT di Surabaya pada tanggal 6-9 Oktober 2016, dimana saya bisa berjumpa dengan guru-guru hebat di seluruh Indonesia.

Awalnya saya berpikir ah, paling-paling nanti seperti ToT biasa yg sekedarnya saja lebih banyak santai, wow ternyata dugaan saya meleset, kegiatan ToT benar benar maksimal bayangkan dari pukul 07.30 s/d  pukul 24.00 wib peserta betah saja mengikuti sesi demi sesi pelatihan, tidak ada kantuk atau rasa jenuh karena para Trainner IGI memang piawai membuat suasana yang sangat menyenangkan. Satu lagi yang saya salut para petinggi IGI mulai dari ketum Daeng Ramli,  Kanda Rose, Bendum Dingsanak ku Gusti  dan pelatih-pelatih lain semua ikut melebur dalam kegiatan, tidak ada sekat-sekat.

Kegiatan IGI memang ciri khasnya jauh dari seremonial, tapi lebih menekankan kepada pembelajaran inilah kegiatan pertama yang saya ikuti. Tanpa  ada pembukaan yang seremonial dengan acara bertele-tele, awal acara  hanya pengantar dari petinggi IGI, luar biasa buat para Pengurus Pusat yang selalu semangat seperti tidak pernah kehilangan energi memotivasi para peserta, demikian juga para trainner seperti Pak Karim, Pak Mampu, Pak Dahli, Pak Slamet, Pak Ilyas dan kawan-kawan semua top deh.

Pada hari kedua kami dibagi ke dalam beberapa kanal, saya mengikuti kanal 1 yang dibimbing oleh Pak Mampuono (Sekjen IGI) yang memberi materi Animasi Drawing dan Menemu Balingnya (menulis dengan mulut dan membaca dengan telinga),  begitu juga Pak Karim si raja Komik yang sangat telaten membimbing peserta, walaupun kondisi listrik  padam tapi semangat tak pernah padam.

Pada acara penutupan oleh Bapak Mohammad Ihsan selaku  Dewan Pembina IGI memberikan motivasi yang dahsyat hingga peserta pun tak ada yang mengantuk hingga pukul 24.00 WIB.  Semoga semangat dan antusiasme para peserta masih terus menggelora hingga tetap berlanjut online dan bahkan banyak yang membuka kanal baru lagi pasca ToT.

Terimakasih dan apresiasi yg setinggi-tingginya buat PT Samsung Elektronik Indonesia yg sudah mensponsori  kegiatan ToT sehingga saya berangkat dan tinggal di Surabaya  serba gratis,  Pengurus IGI Wilayah Jatim, Dirjen GTK Kemdikbud, dan LPMP Jawa Timur  yg sudah menyediakan tempat, semoga ilmu yg saya dapat bisa saya kembangkan dan saya tularkan untuk guru-guru di Kalteng, Bravo IGI.

Palangka Raya,  6  Februari  2017

Dewi Lusiarini

No. KTA 201614140000060

 

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here