SEMANGAT BELAJAR SEMANGAT BERBAGI DI TOT DKI JAKARTA

0
436

Hikmat Almasri

SMK 4 Kota Tangerang

Berkembangnya informasi teknologi melalui gadget dan tab begitu derasnya tak terelakkan lagi, arusnya demikian kuatnya hingga siapa saja bisa tenggelam dalam arusnya. Kini dengan tablet keluaran terbaru dari Samsung dengan harga yang dapat terjangkau oleh berbagai kalangan karena memang dibuat sedemikian rupa hingga dapat menyentuh semua lini. Tak terkecuali kami para guru pun ternyata bisa memiliki tablet Samsung A8 melalui program IGI “satu guru satu tablet”.

Setelah memilikinya kami jadi penasaran bagaimana menggunakannya, kami rasa bukan hanya sekedar bbman, atau whatsappan saja atau facebookan atau yg mulai ramai sekarang telegram yang katanya kapasitas lebih besar dibandingkan yang lain, aplikasi apa saja bisa dengan mudahnya diunduh di playstore  tapi perlu kecakapan lebih lanjut untuk mampu mengaplikasikannya. Ada teknik serta langkah-langkah yang mesti dipelajari berkaitan dengan penggunaan aplikasi tab A8 tersebut. Maunya… dengan memiliki Tab Samsung A8 ini sedikit demi sedikit dapat meminimalisir penggunaan laptop atau notebook mengingat betapa beratnya selama ini kami bawa kemana saja kami pergi.

Tidak berapa lama dari pemesanan tab Samsung A8 oleh IGI Kota Tangerang diinformasikan bahwa ada kegiatan Pelatihan bagaimana menggunakan aplikasi tab Samsung A8 ini dengan kegiatan “Training Of Trainer (TOT) Literasi Produktif Berbasis IT Angkatan II” yang diselenggarakan Ikatan Guru Indonesia (IGI) DKI Jakarta bekerja sama dengan PT. Samsung Electronics Indonesia bertempat di Balai Diklat Keagamaan Jl. Rawa Kuning Jakarta Timur, tempatnya representatif untuk kegiatan pelatihan ini yang dilaksanakan pada Tanggal 24-25 Desember 2016. Peserta kurang lebih terdiri dari 50 orang ini ternyata diikuti guru-guru dari berbagai daerah, ada yang dari Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, Bandung, Sukabumi, Bogor, Bekasi, Karawang, Tangerang, Serang serta peserta dari DKI Jakarta sendiri.

Materi yang padat dan lumayan banyak sungguh membuat peserta harus bekerja keras untuk dapat mengikuti tiap penyampaian materi yang disampaikan oleh instruktur.  Namun kami tidak putus asa dalam hal belajar dan mencoba. Dengan materi yang syarat muatan IT terutama penggunaan tablet telah membuka mata kami betapa pentingnya berliterasi terutama yang berkaitan dengan digital dan teknologi. Materi yang dipelajari kami pada kegiatan TOT antara lain diawali oleh Pak Sururi Azis dengan menyampaikan materi Literasi Dulu, Kini dan Akan Datang, beliau menyampaikan perkembangan literasi dari masa lalu, masa kini dan kemungkinan bagaimana ke depannya. Mengingatkan kami kembali betapa pentingnya menggalakkan gerakan literasi di lingkungan tempat kami beraktivitas terutama di dunia pendidikan. Dilanjutkan oleh Daeng Ramli sebagai Ketua Umum IGI, surprise juga ketika beliau menyampaikan baru kegiatan TOT ini yang didampingi beliau, membuat kami jadi tersanjung. Beliau memotivasi kami agar tiada henti belajar, mengembangkan ilmu yang telah dipelajari, menularkan ilmu yang kami punya ke berbagai  rekan-rekan serta menjadi yang terdepan di lingkungannya.

Masih di hari yang sama, kami dikenalkan mengenai Optimalisasi A8 dan SNote oleh Bu Nur Azijah yang ternyata adalah kakak kelasku ketika Kuliah S1 di UHAMKA, beliau memperkenalkan kepada kami mengenai aplikasi-aplikasi yang terdapat di Tab Samsung A8 ini terutama berkaitan dengan S Note, walaupun awalnya sempat confuse juga karena ternyata versi Androidnya masih yang lama belum yang 6.0.1, agak berbeda penggunaannya namun dengan susah payah bisa juga dipahami sedikit demi sedikit. Untungnya pelatihan kali ini diikuti bersama dengan mantan pacar yang selalu setia mendampingi,  jadi setidak-tidaknya mengurangi tingkat kesetressan.

Ada materi yang disampaikan oleh Pak Kevin berkaitan dengan pengenalan produk Samsung, serta pengenalan Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Andoid (Pengenalan Sagusanov) oleh Pak Syarifudin. Tidak lupa pula kami dihibur oleh Pak Widadi. Dengan yel yel “Apakah Bisa Menjadi Terbaik Terus Menerus Tidak Pernah Salah”, serta materi Implementasi Literasi di Sekolah oleh Bu Nurlaelah.

Selanjutnya pada malam hari diakhiri oleh Pak Iwan Ridwan Ketua IGI DKI Jakarta dengan materi Literasi, Komunikasi dan Kepemimpinan. Walaupun materi ini disampaikan pada malam hari yang biasanya tak kuasa menahan kantuk, namun materi ini sangat menarik dikemas apik oleh beliau. Keterkaitan antara Literasi, Komunikasi dan Kepemimpinan adalah Literasi sebagai kemampuan mengolah informasi melalui proses menyampaikan informasi agar kita dapat mengatur kehidupan yang memiliki pribadi dan karakter penyeimbang untuk tujuan yang akan kita capai.

Tiba pada keesokan harinya diawali oleh materi yang disampaikan oleh Pak Ali Mustahib Elyas dengan materi Menulis itu mudah dibuktikan dengan karya-karya beliau yang telah banyak diterbitkan memotivasi kami untuk berani menulis. Semoga ke depannya kami berani menulis dalam bentuk artikel maupun buku yang dipublikasikan. Kemudian materi yang disampaikan oleh Bapak Badrun Fuady yaitu penggunaan Aplikasi Komik IT Pembelajaran. Seru dan lucu-lucu yang disharing oleh masing-masing peserta di Grup Whatsapp kami. Dilanjutkan dengan penyampaian materi Menemu Baling (Menulis dengan mulut membaca dengan telinga) oleh Bu Yully Rachmawaty, pada materi ini kami dibuat tertawa karena membaca dengan telinga dapat diatur kecepatannya sehingga menjadi lucu kedengarannya. Di samping itu selain materi yang disampaikan, bu Yully juga membawakan Ice Breaking yang menyenangkan sehingga sedikit banyaknya dapat menghilangkan kejenuhan dan kelelahan pada saat itu.

Setelah istirahat materi berikutnya adalah Pengantar Pembuatan Blog Pembelajaran yang disampaikan oleh Pak Danang Hidayatullah salah satu bagian dari kanal SAGUSABLOG. Kemudian materi terakhir pada kegiatan ini adalah Teknik Video Conference dengan aplikasi Webex yang disampaikan oleh Bu Nenny Ekosari Sri Karnasih. Sebelum kegiatan ini ditutup beberapa perwakilan dari kami mempresentasikan hasil karya yang telah dibuat. Baru setelah itu dilanjutkan oleh acara Penutupan, kesan dan pesan dari peserta yang semuanya merasa tidak puas, bukan tidak puas akan pelayanan, fasilitas dan penyampaian materi tapi tidak puas karena sayangnya waktu hanya sebentar untuk belajarnya. Waktunya terlalu singkat untuk mempelajari itu semua.

Namun belajar tiada henti terus menerus sepanjang masa dengan tiada bosannya untuk saling berbagi kepada orang-orang di sekitarnya merupakan motivasi yang pas buat kami para guru yang memiliki integritas tinggi dan keinginan untuk terus maju. Memiliki kemampuan dalam menggunakan aplikasi dalam Tab Samsung A8 menurut kami merupakan terobosan baru apalagi bila kami mampu berinovasi dalam membuat media pembelajaran. Bersama IGI kami dapat mengembangkan semua potensi ke depannya. Sungguh menyenangkan bila selalu menghadapi hal-hal baru syarat dengan banyaknya tantangan. Semangat untuk berbagi tidak kalah hebatnya, pada pelaksanaan dua hari tersebut, misalnya kami antar peserta pun saling memberikan masukan serta mengajarkan, sungguh terasa menyenangkannya berbagi. Sharing and Growing Together  sesuai dengan motto Ikatan Guru Indonesia.

Terima kasih kepada panitia dari IGI DKI Jakarta, terima kasih instruktur yang telah menyampaikan materinya, terima kasih teman-teman sesama peserta. Terima kasih Ikatan Guru Indonesia. Kami siap mendukung program muliamu untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Sampai berjumpa pada kegiatannya selanjutnya. Semoga tali silaturahmi ini tidak berhenti pada kegiatan ini saja, walau di dunia nyata kita jarang berjumpa namun di dunia maya kebersamaan kita akan terus berlanjut.

Hidup IGI hidup guru…

 

Hikmat Almasri – SMK 4 Kota Tangerang

NTA IGI : 201628060000013

 

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here