SECANGKIR KOPI HANGAT PEMBANGKIT SEMANGAT TOT DKI JAKARTA

0
536

Upaya Ikatan Guru Indonesia ( IGI ) dalam menyiapkan tenaga-tenaga pelatih handal dalam rangka meningkatkan,memajukan kompetensi guru-guru di Inonesia pada umumnya dan guru-guru IGI khususnya,maka penyelenggaraan pelatihan TOT 2 DKI JAKARTA ( diusulkan lebih tepat memakai istilah TOC ) selama 2 hari yaitu dari tanggal 24-25 Desember 2016 di Balai Diklat Keagamaan Jakarta,Jl.Rw.Kuning No.5 Pulo Gebang,Jakarta Timur; sangat patut diapresiasi oleh kita semua khususnya para guru IGI.Workshop Pelatihan TOT Literasi Produksif Berbasis IT Angkatan ke-2 ini dihadiri oleh 50 orang peserta dari berbagai daerah di wilayah tanah air. Sungguh suatu kegiatan yang mengagumkan karena banyak peminatnya.Banyak manfaat positif para peserta dapatkan ( khususnya saya pribadi ) dari kegiatan pelatihan ini.

Pelatihan TOC ini (saya memperbarui penggunaan istilah TOT ) adalah lanjutan dari keberhasilan pelaksanaan TOC 1 di kota Surabaya. Pelatih-pelatih lulusan TOC Surabaya dan pakar-pakar lainnya berperan penting dalam melatih para guru di pelatihan TOC 2 DKI Jakarta ini. Atmosfer Kebhinekatunggalika-an sangat terasa di pelatihan TOC 2 ini.Mayoritas peserta dari DKI Jakarta,namun peserta dari luar DKI pun cukup banyak,seperti dari provinsi atau kota : Sulawesi Selatan, Kota Tangerang, kota Tangsel, Lampung, Serang, Karawang, Bandung, dll. Semua peserta antusias dalam mengikuti acara pelatihan ini.Bahkan beberapa peserta dari luar DKI Jakarta telah menginap atau bermalam sejak hari Jumat tanggal 23 Desember. Mereka memiliki sense of belonging yang sama yaitu meningkatkan kompetensi guru-guru dalam wadah organisasi IGI. Perkembangan dunia khususnya perkembangan Iptek ( Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ) harus dapat diantisipasi,diadaptasi oleh para guru.Dunia yang semakin berubah ke arah kemajuan menuntut keberadaan guru-guru yang familiar dengan Iptek ( dalam hal ini IT ). Tanpa hal demikian maka akan sulitlah suatu bangsa atau negara akan maju.Penguasaan IT sudah menjadi kebutuhan primer bagi para guru.Information and Technologie ( IT ) merupakan salah satu indikator dalam menentukan kemajuan suatu bangsa atau negara di dunia sekarang ini.Guru-guru yang gaptek ( gagap teknologi ) akan tertinggal dengan guru-guru yang mau terus belajar. Karena dengan terus belajarlah maka guru-guru akan mampu menjawab tantangan dunia pendidikan.Salah satu wadah belajar adalah Pelatihan TOC 2 DKI Jakarta ini.Organisasi Guru Indonesia ( IGI ) telah membuka pelatihan TOC di 12 provinsi di Indonesia.TOC 2 DKI Jakarta ini adalah bagian salah satunya.

Sambutan antusias pelatihan TOC 2 DKI Jakarta ini mulai terasa dari hari pertama pelatihan. Dengan wajah ceria bersemangat,para peserta tekun mengikuti acara-demi acara pelatihan.Bahkan sesi terakhir hari pertama diselesaikan sekitar pukul 23.00 malam. Lelah memang manusiawi dirasakan,namun adanya pelatih-pelatih yang tidak kaku, humoris, kekeluargaan, ramah, ditambah adanya selingan acara Ice Breaking seperti lagu dan gerak; maka kelelahan itu telah terbayarkan.Pengetahuan literasi,pembelajaran komik,pembelajaran Blog, Menemu Baling, Komunikasi dan Kepemimpinan,pembuatan buku,Vicon,dan lain sebagainya diajarkan oleh para pelatih di hari pertama dan kedua pelatihan TOC 2 ini. Banyak input pengetahuan-pengetahuan baru didapatkan para peserta pelatihan,yang kelak diharapkan dapat ditularkan ( sharing ) kepada guru-guru dan peserta didik, dapat diimplementasikan dalam praktek Kegiatan Belajar Mengajar ( KBM ) di institusi atau sekolah masing-masing. Diharapkan pula para calon pelatih ( Coach ) ini akan dapat mengisi berbagai workshop/pelatihan literasi di berbagai wilayah di tanah air.Dengan kekuatan kuantitas dan kualitas para pelatih yang baru ini maka diharapkan kompetensi guru-guru akan semakin baik dan meningkat.Khusus dalam penggunaan media pembelajaran seperti Tab A8;pengenalan,penguasaan aplikasi-aplikasi yang terdapat di dalamnya menjadi kebutuhan dan tantangan tersendiri bagi para guru peserta pelatihan ini.

Kegiatan TOC 2 ini berlangsung sukses. Tentu saja semua karena partisispasi semua pihak khususnya panitia, adanya rasa kebersamaan antar dan antara peserta,adanya motivasi dan tujuan yang sama untuk memajukan kualitas guru-guru Indonesia. Dari penyiapan tempat pelatihan yang akomodatif (Balai Diklat Keagamaan Jakarta, Jl.Rw.Kuning No. 5 Pulo Gebang, Jakarta Timur) dengan berbagai fasilitas di dalamnya yang baik,transportasi yang tersedia dan lancar, fasilitas WIFI yang memadai, dan sebagainya maka tepatlah bila para peserta pelatihan sangat mengapresiasi hal ini.Pada pelatihan TOT 2, kami dapat saling mengenal satu dengan yang lain.Suasana kebersamaan di antara kami terasa begitu hangat. Dari kondisi ini, saya pribadi merasakan betapa semangat IGI telah menyebar ke berbagai wilayah di tanah air. Contohnya : peserta dari provinsi Sulawesi Selatan (yang lokasinya sangat jauh dari DKI Jakarta) menyempatkan diri hadir dalam pelatihan. Sungguh suatu nilai istimewa TOC 2 ini.

Yang juga terasa sangat istimewa adalah ketika Ketua Umum IGI Pusat Bapak M. R. Ramli berkenan hadir di hari pertama TOT 2. Beliau menyatakan bahwa baru kali pertama menghadiri kegiatan TOC, dan tempat yang terpilih adalah TOC 2 DKI Jakarta.Sungguh ini pun suatu kebanggaan bagi para peserta.Kehadiran beliau semakin memotivasi semangat peserta pelatihan dalam meningkatkan kompetensi guru.Dalam salah satu bahasan beliau di pembukaan TOC 2,beliau menyatakan bahwa ada empat kategori guru yang wajib diketahui oleh para peserta, yaitu :
1.Guru Hebat,tetapi tidak mau dan tidak memiliki kemampuan berbagi.
2.Guru tidak hebat,tetapi mau berbagi.
3.Guru tidak hebat dan tidak mau berbagi.
4.Guru Hebat, guru Berprestasi dan memiliki kemampuan berbagi yang sangat tinggi.
Guru tipe keempat inilah yang diharapkan dimiliki oleh IGI.

Pelaksanaan TOC 2 DKI Jakarta selama 2 hari telah dilaksanakan dengan baik dan panitia ( IGI DKI Jakarta ) telah sukses menyelenggarakannya.Bila ada sedkit kekurangan-kekurangan,itu adalah manusiawi.Yang jelas,saya pribadi melihat;panitia telah berusaha maksimal menyelenggarakan TOT 2 ini. Para peserta pelatihan,dalam hal ini saya pribadi;mengucapkan banyak terima kasih kepada panitia atas kesempatan mengikuti pelatihan TOT 2 ini. Banyak manfaat positif kami dapatkan. Semoga semangat “Sharing and Growing Together “ dapat terus kita implementasikan dalam kehidupan sehari-hari di wilayah kita masing-masing. Jaya selalu IGI,maju terus guru Indonesia.

Yino Hidayat,S.SOS.,M.M
Peserta dari Tangerang

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here