SAGUSAKU IGI Pembuka Jalan untuk Bolmong Hebat

0
358

Kegiatan SAGUSAKU SPEKTAKULER di Kabupaten Bolaang Mongondow Sulawesi Utara berlangsung pada tanggal 21 September 2018, tepatnya di Aula SDN 1 Mongkoinit. Kegiatan ini dihadiri oleh 200 orang guru SD dan SMP setempat. SAGUSAKU (Satu Guru Satu Buku), gerakan menulis buku hingga terbit merupakan kanal andalan Ikatan Guru Indonesia (IGI) yang telah bergerak sejak tahun 2017. Target akhir dari SAGUSAKU para peserta dapat menghasilkan buku dan dibantu menerbitkannya dengan pelayanan layout, editing, dan desain cover yang gratis.

Tema kegiatan SAGUSAKU SPEKTAKULER adalah “Gerakan Literasi Nasional”, SAGUSAKU memberikan peran nyata dalam membudayakan literasi secara nasional. Kegiatan SAGUSAKU mendorong guru untuk menulis buku, artinya akan memaksa guru untuk banyak membaca. Karena sejatinya menulis harus didasari dengan banyaknya referensi membaca dari seorang penulis. Kebiasaan ini pasti akan menular dengan para siswanya, karena guru adalah sosok yang akan selalu dicontoh oleh siswanya. Teladan akan memberikan dorongan yang lebih besar bagi siswa, dibandingkan hanya ucapan perintah membaca dari seorang guru yang tidak suka membaca.

Ketua Wilayah IGI Sulawesi Utara, Dr. Florensia E. A. Rembet, M.Pd. menyampaikan bahwa para pelatih dibiayai oleh SAMSUNG, lebih dari 8.000 guru di Indonesia sudah dilatih berkat dukungan SAMSUNG. Hari ini tiket pesawat pelatih dibiayai oleh SAMSUNG, ke depan diharapkan akan mandiri melaksanakan kegiatan workshop secara terus-menerus. IGI akan bekerjasama dengan Kepala Dinas Pendidikan untuk memajukan pendidikan di Sulawesi Utara. Tujuan utama IGI adalah meningkatkan kompetensi guru. Kegiatan pelatihan atau workshop menerbitkan sertifikat yang bisa digunakan untuk kenaikan pangkat bagi guru ASN, dengan uraian jam pelatihan minimal 32 jam yang ditandatangani Kepala Dinas Pendidikan. Sertifikat pelatihan akan diberikan kepada peserta yang telah menyelesaikan tugas pada sesi online.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bolaang Mongondow, Renti Mokoginta, S.Pd., MAP dalam sambutannya menyampaikan harapannya setelah kegiatan SAGUSAKU berlanjut dengan kegiatan-kegiatan lainnya, kalau bisa setiap bulan ada kegiatan untuk meningkatkan kompetensi guru. Karena guru tanpa referensi belajar akan ketinggalan, melalui kegiatan diklat guru akan lebih tahu perkembangan dunia pendidikan terutama IT yang berhubungan langsung untuk menunjang tugasnya sebagai guru.

Dalam sambutannya Kadisdik memuji guru yang sangat antusias untuk hadir, yang awalnya hanya mengundang 100 guru mengingat kapasitas daya tampung gedung, tapi yang hadir hari ini kurang lebih 200 guru. Guru datang dengan semangat, artinya guru di Kabupaten Bolaang Mongondow suka belajar, suka mengembangkan pendidikan, suka kita menuju Bolmong Hebat dan berkualitas sesuai visi dan misi Dinas Pendidikan mewujudkan pendidikan merata dan berkualitas untuk masyarakat.

Penyerahan Buku dari Pelatih ke Kadisdik Kab. Bolmon

Dalam kegiatan ini, Coach SAGUSAKU Teddy Handika, S.Pd., M.T. berkesempatan memberikan buku karyanya secara langsung dengan Kadisdik Kabupaten Bolaang Mongondow, sebagai bentuk apresiasi terhadap dukungannya bagi IGI dan bersinergi untuk memajukan pendidikan melalui kegiatan workshop secara berkala. Untuk menjamin kegiatan IGI dalam meningkatkan kompetensi secara berkala, Kadisdik mendukung sepenuhnya terbentuknya Pengurus Daerah IGI Kabupaten Bolaang Mongondow. Keyakinan ini timbul karena IGI tidak berpolitik, dan hanya fokus terhadap peningkatan kompetensi guru.

Untuk mewujudkan Bolmong Hebat perlu aksi nyata, sebagai wujud awal adalah dengan meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan atau workshop yang memberikan pengetahuan dan keterampilan langsung kepada guru, sehingga mampu meningkatkan kompetensinya secara mandiri. Karena guru yang hebat akan menghasilkan generasi yang hebat, generasi yang hebat di Bolmong akan dengan mudah mewujudkan cita-cita bersama menuju Bolmong Hebat.

Ditulis Oleh:
Teddy Handika, S.Pd., M.T.
Guru SMAN 1 Gunung Megang, Kab. Muara Enim SUMSEL
Pelatih Nasional SAGUSAKU IGI

Comments

comments