SADAR IGI 111, KREATIF BERMULA DARI SEKOLAH

0
34

Jack Ma, the owner of Alibaba, pernah menasehati saya (dan kita semua tentunya) bahwa masa depan itu bukan dimiliki oleh orang yang punya pengetahuan tinggi, bukan pula oleh penemu sesuatu. Tidak cukup pengetahuan dan inovasi, masa depan dimiliki oleh orang-orang kreatif.

Pembelajaran di sekolah juga demikian, kreativitas berpikir merupakan hirarki tertinggi dalam taksonomi bloom. Pencapaian klimaks dari _Higher Order Thinking Skill_. Siswa yang memiliki kreativitas diyakini mampu dan cekatan menghadapi tantangan kehidupan sesungguhnya.

Lalu lihatlah gairah siswa belajar, mereka lebih senang belajar sesuatu yang menghasilkan, nyata, bisa disentuh, bermakna setelah proses pembelajaran. Bahkan PJOK sekalipun, siswa lebih senang bermain yang menghasilkan skor ketimbang harus berlari mengelilingi lapangan. Prakarya mengambil alih pelajaran favorit di sekolah di era kekinian. Karena Prakarya menghasilkan karya sebagai modal keterampilan siswa, terlebih bidang studi ini menuntut

Apakah hanya Prakarya saja yang menghasilkan produk ?. Matematika misalnya, menjadi bidang studi paling rendah nilai UN selalu berstigma seram. Pembelajaran membosankan karena mengikuti alur yang kaku diarahkan oleh guru. Padahal banyak produk Matematika berfaedah yang didapatkan melalui simulasi dan divideokan. Coding Matematika dapat diarahkan untuk membuat game yang menstimulasi kreativitas berpikir siswa. Matematika saja bisa menyenangkan jika diterapkan dengan pola berbeda, konon lagi bidang studi lain.

Pendekatan STEM menjadi alternatif pembelajaran bermakna abad 21. Bukan sekedar belajar, aktivitas pembelajaran dengan pendekatan STEM akan menghasilkan sesuatu melalui rekayasa pengetahuan serta memanfaatkan teknologi sebagai ciri khas pembelajaran kekinian yang bermakna. SADAR IGI 111 hadir memberi ide-ide pembelajaran STEM bukan hanya bidang studi MIPA namun juga pada pelbagai disiplin ilmu yang lain. Bersama kita, *Ibu Laila Wulandari* guru SMP Negeri 1 Magelang akan memaparkan gagasan-gagasan terkait STEM. SADAR IGI 111 akan dipandu oleh *Ibu Dewi Kinasih* sebagai host, penanggungjawab Kanal Saguwarna IGI yang juga sering memadukan pembelajaran Matematika bernilai STEM melalui budaya.

Mari berdiskusi ringan melalui video conference bersama kami pada Rabu Malam (6/11) mulai pukul 19.15 WIB, akses kami di :
Website : www.psmk.webex.com
Room Number : 574 619 614
Password : 12345

Kami tunggu…

SADAR IGI ; Tayangan Edukatif Menginspirasi Negeri

Aceh, 6 November 2019
Koordinator SADAR IGI

Khairuddin

Comments

comments