SADAR 94: SEMU SERASA NYATA

0
112

Augmented Reality menjadi tren visualiasi dua dimensi menjadi tiga dimensi hanya melalui gawai berbantuan video. Teknologi AR menggabungkan tampilan dua dimensi atau tiga dimensi lalu mempeoyeksikan benda tersebut dalam waktu yang nyata, divisualisasi nyata meski sebenarnya teebangun dalam imajinasi semu yang direkayasa nyata. Semisal anda melihat globe yang dulunya kita menyentuh, membawa dari kantor ke ruang kelas, namun melalui teknologi AR kita bisa menghadirkan globe tiga dimensi itu secara nyata hanya melalui gawai. Visualisasi semu menjadi nyata pernah tren pada permainan “Pokemon Go” beberapa waktu silam yang membuat orang mengejar sesuatu yang hanya terlihat olehnya tapi tidak oleh orang lain yang berbeda HP.

Augmented Reality sebenarnya sudah dimulai dari tahun 1957-1962 oleh Morton Heilig, seorang sinematografer, menciptakan dan mempatenkan sebuah simulator yang disebut sensorama dengan visual, getaran dan bau. Teeus berkembang hingga menjadi sangat canggih pada era internet of things. Berbagai industri menggunakan AR untuk memvisualisasi benda menjadi nyata, termasuk di bidang pendidikan. Berbagai pelatihan guru dan siswa yang diselenggarakan oleh SEAMEO beberapa tahun ini dalam Sea Creative Camp, konsisten menampilkan AR sebagai salah satu mata training. AR merupakan kecakapan abad 21 yang harus dimiliki oleh guru hebat dan siswa milenial.

SADAR sudah pernah tampil dengan teknologi AR, namun ketidakpuasan pemirsa terhadap keterbatasan waktu membuat kami mengundang kembali anak muda inspiratif Indonesia, Founder / CEO Assemblr. Rasanya dunia teknologi jarang yang tidak mengenal kiprah Assemblr, startup kebanggaan Indonesia yang merambah sampai ke New York dari Bandung. Assemblr merupakan platform berbasis mobile yang memungkinkan penggunanya menghasilkan karya 3D dari hasil penggabungan obyek-obyek yang tersedia dan material yang beragam. Hasil kreasi tersebut nantinya bisa ditaruh di dunia nyata menggunakan teknologi Augmented Reality dan Geo-Location.

Tidak tanggung-tanggung, untuk kedua kalinya Hasbi Asyadiq Founder dan CEO Assemblr di sela kesibukan bisnis beliau, namun secara gratis hadir kembali di ruang SADAR IGI memberikan kecerdasan bagi guru di seluruh persada negeri untuk berbagi pengetahuan tentang memanfaatkan Augmented Reality dalam dunia Pendidikan. SADAR 94 mengundang bapak ibu guru-guru inovatif Indonesia untuk berdiskusi dan bertanya langsung pada narasumber super istimewa ini yang dipandu oleh Neng Lani sebagai host dari MA Al-Bidayah.

Kami menjamin kebermanfaatan ilmu pengetahuan ini karena langsung dari perusahaan Assemblr kreator Augmented Reality. Mari bergabung gratis pada Rabu Malam 10 Juli 2019 mulai pukul 19.15 WIB melalui akses pada link video conference berikut :
http://www.webex.com atau http://bit.ly/sadar-edisi94
Pilih join, input Meeting Number berikut : 580 777 409
Password 21345

Manfaatkan malam indah dengan diskusi sehangat kopi dan serenyah keripik

SADAR tayangan edukasi menginspirasi negeri

Koordinator SADAR IGI
Khairuddin

Comments

comments