SADAR 91: GURU DIRINDUI

0
111

Bukan sedikit guru di sekolah yang tidak datangnya disyukuri siswa, begitu umumkan tidak hadir malah buat siswa senang. Tidak sedikit guru kita mengajar bak membawa risalah yang tak boleh dibantah, konsep-konsep bidang studi seolah dogma tak terbantah. Masih banyak guru kita yang mengajarnya buat siswa termangu, merenung sesuatu di luar kelas sementara isi pembelajarannya bak ceramah membosankan.

Bukankah kita sedang menimbun kreativitas siswa ? Sulit mengajak mereka berpikir, sementara usia mereka harus kritis sebagai penerus generasi bangsa yang sejatinya cemerlang diantara negara manapun di dunia. Guru adalah fasilitator, pembelajarannya memicu keterampilan berpikir, hadirnya membawa keberkahan bagi siswa karena menjadi kolaborator kemajuan pendidikan. Pembelajaran harus didesain menyenangkan, kecerdasan harus by design bukan by naturally process, direkayasa sehingga sekolah bukanlah dunia asing yang menakutkan bagi siswa.

Guru yang hebat bukan hanya mampu berkarya untuk kepentingan pribadinya semisal lomba, namun bermanfaat dalam proses belajar di sekolah bersama siswa. Karena itu guru harus cakap membuat media pembelajaran sehingga menghadirkan interkoneksi kehidupan nyata, bermakna dan menyenangkan.

SADAR IGI yang dirindui guru sebagaimana guru yang kreatif yang dirindui siswa akan hadir kembali, tayang di tengah guru pembelajar Indonesia. Menghadirkan Guru Kreatif dari MTsN Bone Sulawesi Selatan, *ST Maesuri*, memaparkan ide Membuat Media Pembelajaran serta mengabadikan dalam buku tutorial berbentuk digital. Ditemani oleh *Hidmi Gramatolina Ramdhayani* dari SMKN 1 Gerung Lombok sebagai host membuat diskusi bersama SADAR semakin cetar.

Lama tak bersua setelah Ramadhan lalu yang kita sejenak fokus ibadah puasa. Kini kami undang seluruh guru haus ilmu untuk diskusi ringan bersama sarasehan dalam jaringan. Siapkan jaringan internet yang stabil, sambil ngopi dan nikmati sisa isi toples hari raya, kami menanti anda.

Akses www.webex.com atau klik http://gg.gg/sadar-91
Room Number 579 738 742
Password 12345

SADAR IGI ; tayangan edukasi menginspirasi negeri selalu dinanti

Koordinator SADAR IGI

Khairuddin

Comments

comments