Sadar 136; Strategi Pembelajaran Berbasis Zonasi Di Era New Normal

0
519

*SADAR IGI 136*
*SERVICE TAK TERHENTI MESKI PANDEMI*

Pembelajaran di era tidak normal harus disiasati sesuai dengan kondisi masing-masing sekolah. Pasti tidak ada kebijakan permanen untuk saat ini. Situasi terus berubah, kita harus survive, pelayanan pendidikan bagi siswa tetap prioritas. Bahkan harus kita akui pun bahwa pada awal-awal pandemi ini berlangsung, kita terkaget-kaget menyiapkan kebijakan dan tindakan pendidikan. Tapi saya menjadi orang yang optimis saat itu, guru yang tergabung di IGI terutama pemirsa SADAR IGI menjadi terdepan dan siap menghadapi situasi.

Guru terus berbenah dan belajar, ciri khas guru IGIers, memperbaiki diri untuk pelayanan pendidikan optimal. Menjamurnya webinar juga diikuti oleh minat yang tinggi guru-guru Indonesia mengikuti kegiatan. Selain banyak pilihan, juga banyak pengetahuan yang diperoleh, meski ada juga yang masih berorientasi pada sertifikat. Tapi itupun masih sangat wajar, sebagai bentuk apresiasi, meski pengetahuan yang diperoleh dari kegiatan tetap utama. Dulunya SADAR IGI hanya diikuti oleh rata-rata 100 s.d 200 pemirsa per tayangnya. Kini angka 200 justru menjadi minimum memulai kegiatan.

Di sisi lain, pengetahuan yang disajikan menjanjikan penerapan segera untuk menangani persoalan pendidikan saat pandemi. Seperti juga yang akan ditayangkan SADAR IGI pada *Rabu Malam 24 Juni 2020 mulai pukul 19.00 WIB*. Strategi pembelajaran yang mencakup regional kecil tentu saja lebih mengena untuk dilaksanakan.

Tidak ada kebijakan yang sifatnya nasional yang bisa berlaku untuk setiap tempat, terutama setelah ada pengklasifikasian daerah hijau, kuning dan merah, bahkan merah pekat. Bahkan dalam suatu daerah saja pun belum tentu kebijakan bisa berlaku sama di setiap sekolah. Ada sekolah yang siswanya sulit memperoleh jaringan ketika di rumah, meski punya alat dan paket data. Ada pula siswa di sekolah yang memiliki jaringan internet di sekitar tempat tinggal, namu kondisi ekonominya sulit membeli paket data.

Persoalan yang beragam tersebut harus dipetakan hingga memperoleh solusi yang tepat dengan sifat lokal atau zonasi. Diskusi SADAR IGI 136 akan membahas strategi pelayanan pendidikan efektif dalam suatu zonasi dengan pembicara *Ibu Anik Sudiartini* dari *SMKPPN 1 Tegalampe* dan dipandu oleh *Bapak Abdul Rahman* dari *SMP YPS Singkole* Akses kami melalui *ditsmk.webex.com* atau *bit.ly/sadar136* | Event Number : *166 864 7283* | Password : *12345*.

Kami tunggu kehadiran Bapak Ibu sentero negeri berdiskusi ringan bersama kami.

SADAR IGI ; Tayangan Edukasi Menginspirasi Negeri

Aceh, 22 Juni 2020
Koordinator SADAR IGI

Khairuddin

Comments

comments