SADAR 112, “GEMA LITERASI”

0
53

Menemu Baling merupakan kanal IGI yang unik, menggabungkan teknologi google voice to text dan native speaker yang mengkonversi text to voice. Puncak Menemu Baling ketika kanal tersebut memperoleh penghargaan MURI tahun 2018 di Kemendikbud yang berhasil menggalang ribuan penulis dari seluruh penjuru Indonesia. Video Conference bagi penulis daerah difasilitasi oleh SADAR IGI. Menulis dengan Mulut dan Membaca dengan Telinga (menemu baling) akhirnya bukan hanya sekedar kanal, namun menjadi salah satu metoda dalam menulis dan literasi tanpa harus membaca langsung.

Tren tersebut menjadi salah satu materi di VCT Batch 6, materi Text to Speech (TTS) dan Speech to Text (STT). Sebenarnya bukan sekedar tren, namun juga sangat bermanfaat bagi pengetahuan guru di era disrupsi.

Namun jika sekedar mendengar native speaker membacakan sesuatu dari sebuah teks, rasanya masih buat kita penasaran, bagaimana suara tersebut bisa sinkron dengan teks yang dibacakan. Bahkan ketika native speaker dipercepat, masih juga bisa sinkron. Di beberapa tools bahasa bahkan, native speaker bisa diubah dengan berbagai jenis bahasa, semisal di microsoft edge, sinkron juga.

Text to voice mulai digalakkan dalam bentuk buku atau audio book. Menarik sekali, selain tetap membaca meski sibuk mengendara misalnya, bisa juga memperbaiki pengucapan Bahasa Inggris bagi siswa atau peminat Bahasa Inggris. Karenanya SADAR IGI edisi 112 mengundang narasumber yang berbagi pengetahuan membuat buku audio sebagai tools pembelajaran, *Bapak Rudi Nofindra, M.TPd* dari SMK Negeri 3 Bengkulu. Pak Rudi akan dipandu oleh dedengkot alumni VCT dari Jawa Timur, *Bapak Muhamad Charis, S.Pd*, panitia SADAR IGI dari SMK Muhammadiyah 5 Babat.

Mari gali pengetahuan bersama kami, sambil diskusi ringan nikmati malam kamis. Akses kami melalui
Website : www.psmk.webex.com atau gg.gg/sadar112
Meeting Number : 570 753 536
Password : 12345
Pada : Rabu, 13 November 2019, mulai pukul 19.15 WIB

Kami tunggu

SADAR IGI ; Tayangan Edukasi Menginspirasi Negeri

Aceh, 12 November 2019
Koordinator SADAR IGI

Khairuddin

Comments

comments