SADAR 109; “AKUN MULTIDIMENSI JUTAAN FUNGSI”

0
43

Punya satu akun google sebenarnya anugerah digital tak terkira bagi pendidik. Satu akun google berarti bisa buat 10 akun mail dengan kapasitas data di langit google drive free masing-masing 15 GB sehingga totalnya 150 GB. Akun google memungkinkan kita tak perlu repot jika harus mengetik di Word karena ada Google Docs, atau menabulasi data ala Excel karena ada Google Spreadsheet, atau menampilkan presentasi ala Power Point di Google Slide. Termasuk rapat atau kelas video conference melalui Google Meet atau Google Hangout. Serta Learning Management System melalui Google Classroom dan Google Form Quiz.

Satu akun Google membuat kita bisa menjadi blogger bahkan membuat website di Google Site, lalu menarik iklan lewat Google Adsense dan uang akan masuk. Bisa kaya lewat video menjadi youtubers. Bisa menjadi pemain internet marketing startup melalui developer Google Playstore. Termasuk tukang ojol memanfaatkan Google Map mencari uang di jalanan.

Google juga berjasa memberi gambaran betapa parahnya musibah tsunami Aceh yang terjadi 2004 lalu dengan akurasi Google Earth memberitakan ke seluruh dunia disertai gambar live, sehingga jutaan donatur datang membantu Aceh dari seluruh dunia.

Dalam dunia akademisi, Google sudah lama membantu membuka referensi dengan searching-nya yang mudah dan cepat, termasuk Google Scholar dan Google Books. Berita, informasi dan referensi luar negeri dari suatu web mudah sekali diterjemahkan berbantuan Google Translate, klik kanan saja di Browser Google Chrome pilih translate, selesai urusan dunia membingungkan itu.

Pengembangan Google hampir tiada henti berinovasi dalam seluruh aspek kehidupan manusia. Google paling siap menangkap kemauan era revolusi industri 4.0. Termasuk dalam bidang Pendidikan, guru dapat memanfaatkan *Google Geo Tools* untuk menjelajah angkasa dan belahan-belahan dunia dengan bermodalkan internet dan laptop atau gawai. Bahkan perkembangan media pembelajaran kekinian yang serba nyata namun semu seperti Augmented Reality dan Virtual Reality dapat menggunakan fasilitas dari Google, yaitu *Google Expeditions*.

Hampir semua guru menggunakan Google. Karena itu SADAR IGI edisi 109 mengajak audien kami untuk mengoptimalkan satu akun tersebut pada pembelajaran di kelas. Gagasan-gagasan penuh wawasan dan pengetahuan tersebut nantinya akan disampaikan oleh narasumber kami dari SMP Lazuardi Al-Falah GIS Jawa Barat, *Ibu Irma Nurul Fatimah*. Video conference ini nantinya akan dipandu oleh host kami, *Bapak Tri Budi Santoso*, guru di SMK Negeri 2 Purbalingga Jawa Tengah.

Punya akun Google ? Rugi dong tidak ikutan Vicon SADAR 109 yang tayang pada Rabu Malam (23/10) mulai pukul 19.15 WIB. Silakan akses kami melalui psmk.webex.com atau http://gg.gg/SADAR109, melalui room number : 574 462 239 dan password : 12345.

Kami tunggu obrolan diskusi ringan kita sambil nikmati kopi dan ubi goreng, lalu kita ber-google.

SADAR IGI ; Tayangan Edukasi Menginspirasi Negeri

Aceh, 20 Oktober 2019
Koordinator SADAR IGI

Khairuddin

Comments

comments