Rakorda IGI Flotim Awali Kiprahnya di Tahun 2019

0
210

Rakorda IGI Flotim Awali Kiprahnya di Tahun 2019

Oleh : Kamsudin Ridwan, M.Pd
Wakil Ketua IGI Flotim

Bertepatan dengan satu tahun lahirnya organisasi IGI Flotim, Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Flores Timur menggelar kegiatan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) di Waipelatin (air panas) Larantuka, Minggu 13/01/2019.

Kegiatan dimaksud berlangsung dari jam 12.00 WITA hingga jam 05.00 sore. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengevaluasi beberapa program kerja IGI Flotim yang telah terlaksana pada tahun 2018 dan juga membahas beberapa agenda penting yang akan dilaksanakan pada tahun 2019.

Sejumlah pengurus IGI Flotim yang turut hadir dalam rakorda tersebut adalah Fransiskus Xaverius, M.Pd ( Ketua IGI Flotim), Kamsudin Ridwan, M.Pd (Wakil Ketua IGI Flotim), Damsianus Sepulo Tukan, S.Pd, Rugaya Salem, S.Ag (Bendahara IGI Flotim), Paulus Petrus Puru Tukan, M.Pd (Kabid Organisasi dan Keanggotaan), Apolonia Gerinus Gola, M.Pd (Kabid Peningkatan Mutu Guru), Elisabeth Wilhelmina J. Tukan, S.Pd (Anggota Bidang Literasi dan Publikasi Karya Guru), dan Siti Aminah, ST (Anggota Bidang Informasi dan Komunikasi).

Dalam arahan awal, ketua IGI Flotim, Fransiskus Xaverius, S.Pd., M.Pd menjelaskan bahwa beberapa agenda (program kerja) IGI Flotim yang telah dilaksanakan pada tahun 2018 diantaranya adalah : (1) program sagusaku (Satu Guru Satu Buku) yang merupakan salah satu kanal pelatihan nasional IGI, (2) sagumanisan (Satu Guru Mahir Penilaian Berbasis Android), (3) Gelis (Gerakan Literas Sekolah), (4) pembelajaran interaktif, (5) VCT (Virtual Cordinator Training, dan (6) sagusatek (Satu Guru Satu Teknologi Tepat Guna).

Adapun agenda penting yang akan dilaksanakan pada tahun 2019 adalah “tetap mempertahankan dan meneruskan program kerja yang ada, dan khusus untuk program gelis (Gerakan Literasi Sekolah) yang merupakan bagian dari kanal pelatihan sagusaku pada tahun 2018 telah dilaksanakan di beberapa titik sekolah yang tersebar di Flores Timur, selanjutnya akan dilanjutkan di beberapa titik sekolah yang direncanakan akan dimulai pada bulan Januari 2019, selain itu juga IGI Flotim akan menghadirkan dua kanal pelatihan nasional, yaitu sagusacat (Satu Guru Satu Computer Assist Test) dan sagukahoot (Satu Guru Satu Kahoot)”, tutur Fransiskus Xaver ius di sela-sela saat memberikan sambutannya.

Guru SMPN 1 Titehena ini juga menegaskan bahwa IGI Flotim yang baru saja berusia satu tahun ini bertekad membangun komitmen dengan melakukan kerja sama dengan berbagai pihak dalam rangka meningkatkan kompetensi guru di bidang pendidikan menuju guru profesional, khususnya pendidikan di Flores Timur yang tercinta ini. Oleh karena itu, Ikatan Guru Indonesia Flores Timur sebagai salah satu organisasi profesi guru memiliki peran strategis terhadap peningkatan mutu guru dalam rangka membantu program pemerintah mewujudkan pendidikan yang berkualitas, ujar Fransiskus Xaverius dalam mengakhiri sambutannya.

Comments

comments