Prof NA Akhirnya Menerima API 2018

0
264

Sebagai penghargaan atas peran serta pimpinan daerah dalam peningkatan kompetensi guru oleh IGI, Ikatan Guru Indonesia memberikan Anugerah Pendidikan Indonesia yang pertama kalinya dilakukan pada tahun 2018 ini.

Ada Dua Gubenur yang memperoleh Anugerah Pendidikan Indonesia dan Satu Gubernur lagi diangkat menjadi Bapak Peningkatan Kompetensi Guru Indonsia.

Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta diganjar pengangkatan dirinya sebagai Bapak Peningkatan Guru Indoensia atas jasanya membentuk Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan ketika menjabat sebagai Mendikbud dan mendorong sebuah gerakan yang disebutnya “Guru Pembelajar”.

Sementara Gubernur Lampung, Muhammad Ridho Ficardo diberikan Anugerah Pendidikan Indonesia karena peran langsungnya dalam peningkatan kompetensi guru oleh IGI di Lampung. Gubernur muda ini banyak meminta masukan kepada IGI terkait kebijakan pendidikan di Lampung, beliau pun bersedia membantu apapun buat peningkatan kompetensi guru oleh IGI.

Sementara itu, Gubernur Sulsel yang baru dilantik, Nurdin Abdullah akhirnya menerima langsung Anugerah Pendidikan Indonesia di Kantor Gubernur diserahkan oleh Kadis Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo.

Gubernur dengan tagline Prof Andalan ketika terlibat kontestasi pilgub lalu ini memang tidak sempat menghadiri langsung penganugerahan oleh IGI di Jakarta Convention Centre, 28 September 2018 silam dan mengutus Kadisdik Pendidikan menerimanya.

Gubernur Sulsel ini diusulkan oleh IGI Bantaeng dan IGI Wilayah Sulsel karena selama beliau menjabat Bupati Bantaeng mendukung gerakan-gerakan IGI meningkatkan kompetensi guru di Bantaeng melalui IGI. Dan menurut IGI, beliau selama menjabat Bupati telah menunjukkan keteladanan yang menjadi inti dari pendidikan yang sesungguhnya. Pengusulan beliau juga tidak terlepas dari besarnya dukungan pemprov Sulsel terhadap IGI dalam peningkatan kompetensi guru oleh IGI baik saat dijabat Syahrul Yasin Limpo maupun saat dijabat Pj Gubernur Soni Sumarsono.

IGI memang tumbuh pesat di Sulsel, IGI bersama samsung telah menghadirkan Samsung Smart Learning Class di Jalan Gagak Makassar, memfasilitasi SSLC di Al Azhar Makassar dan Samsung Tech Institute (STI) di SMK 10 Makassar.

IGI berulang kali melakukan Road Show diklat pelatihan guru di 24 kabupaten/kota di Sulsel dan sempat memecahkan rekor MURI sebagai organisasi yang menyelenggarakan pelatihan guru terbanyak di Indonesia secara serentak. Di Sulsel, Pelatihan Guru oleh IGI berlangsung hampir setiap minggu, hal ini bisa terwujud tentu saja atas dukungan pemerintah provinsi dan pemerintah daerah.

Dari Sulsel, selain Gubernur Nurdin Abdullah, ada pula Walikota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto, Walikota Pare pare Taufan Pawe, Bupati Lutra Indah Putri Indriani, Bupati Barru, Suardi Saleh, Bupati Takalar Syamsari Kitta juga menjadi penerima API 2018.

Makassar, 12 Oktober 2018
Muhammad Ramli Rahim
Ketua Umum Pengurus Pusat
Ikatan Guru Indonesia

Comments

comments