Pengurus IGI Mojokerto Jatim Dilantik

0
945

Mojokerto (12/2) Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan secara nasional, setiap lembaga pendidikan baik sekolah umum maupun madrasah selalu berupaya untuk memberikan jaminan mutu kepada pihak-pihak yang berkepentingan atau masyarakat, yakni suatu jaminan bahwa penyelenggaraan pendidikan di sekolah atau madrasah itu sesuai dengan apa yang seharusnya terjadi dan sesuai pula dengan harapan mereka. Apabila setiap lembaga penyelenggara pendidikan selalu berupaya untuk memberi jaminan mutu dan upaya ini secara terus menerus dilakukan, maka diharapkan mutu pendidikan secara nasional akan terus meningkat. Peningkatan mutu pendidikan ini akan berdampak pada peningkatan mutu sumber daya manusia secara nasional.

Pada abad ke-21 ini, sumber daya manusia (SDM) di Indonesia sangat memprihatinkan dan cenderung tidak kompetitif karena rendahnya kapasitas pendidikan yang diterima. Menurut catatan Human Development Report Tahun 2005 versi Human Development Index (HDI) atau kualitas Index Pengembangan Sumber Daya Manusia Indonesia berada diurutan 112, jauh di bawah Filipina (85), Thailand (74), Malaysia (58), Brunei Darussalam (31), Korea Selatan (30), dan Singapura (28). Temuan lembaga Internasional lain juga menguatkan keterpurukan tersebut, International Educational Achievement (IEA) melaporkan bahwa kemampuan membaca siswa SD Indonesia berada di urutan 38 dari 39 negara yang disurvey. Sementara itu, Third Matemathics and Science Study (TIMSS), lembaga yang mengukur hasil pendidikan di dunia, melaporkan bahwa kemampuan matematika siswa SMP kita berada di urutan ke-34 dari 38 negara, sedangkan kemampuan IPA berada di urutan ke-32 dari 38 negara.

Untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru, Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Mojokerto Tahun 2017 mengadakan kegiatan ”Seminar Nasional dan Pelantikan Pengurus Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Mojokerto Periode 2017-2021”. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari minggu (12/2) 2017 di Aula STIKES Majapahit Kabupaten Mojokerto. Kegiatan ini dimulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 12.00 WIB. Kegiatan ini diikuti (1). Pengurus dan Anggota Ikatan Guru Indonesia (IGI); (2). Praktisi dan Pemerhati Pendidikan; dan (3). Umum yang meliputi guru RA/TK, MI/SD, MTs/SMP, dan MA/SMA/SMK.

Adapun susunan pengurus Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Mojokerto Periode 2017 – 2021 adalah sebagai berikut :

Pembina :
1. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto
2. Kepala Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto

Pengurus Harian :
Ketua : Drs. Sumantri, M.Pd (SMPN 2 Mojosari)
Wakil Ketua 1 : Drs. Nurhadi. M.MPd (MTsN Mojosari)
Wakil Ketua 2 : Drs. Misbakhul Arifin. M.Pd (MIN Seduri Mojosari)
Sekretaris : Akhid Afnan. M.Pd (MIN Seduri Mojosari)
Wakil Sekretaris : Rodiyah, S.Pd.M.Ed (SMPN 1 Mojosari)
Bendahara : Ita Indrasari, S.E (SMAN 1 Mojosari)
Wakil Bendahara : Herlina Fatmawati, S.Pd.I (MI Miftakhul Huda Sumber Tanggul)

Bidang – Bidang :
Bidang Organisasi dan Kaderisasi :
Eka Wahyu Hidayati, S.Pd. M.Pd (Koordinator) (SMPN 2 Mojosari)
Maisyaroh. M.Si (MAN Mojosari)
Muhammad Afandi, S.Pd., M.MPd (MIN Seduri Mojosari)
M. Arras Rohmadi. S.E. M.M (SMKN Dlanggu)
Anari, S.Pd. M.MPd (SMPN 1 Dlanggu)
M. Farid, S.Pd (SMPN 2Jetis)

Bidang Pendidikan, Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan :
KhoirilIhsan, S.Pd. (Koordinator) (SMAN 1 Pacet)
Nanang Wahyu Aji, MPd (SMPN 2 Pungging)
Lila Roosanti, S.Pd. M.Pd (SMKN 1 Pungging)
Noor Akhyat, S.Pd (MTsN Mojosari)
Kholidil Izam, S.Pd.I (MIN Seduri Mojosari)
Mi’rojul Asaroti, M.Si (MAN Mojosari)

Bidang Informasi, Komunikasi, Kerjasama antar Lembaga :
Yastri Liul Yani, S.Pd (Koordinator) ( SMKN Jatirejo )
Rovie Wibisono, S.Pd (SMPN 1 Kutorejo)
Supa’at, S,Pd. (Koordinator) (SMPN 1 Gondang)
Zaimah, S.Pd. (MTsN Mojokerto)
Drs. Wuliono. M.Pd (SMPN 2 Mojosari)
Masfufah Rusli, S.Pd.MSi (MAN Mojosari )

Bidang Perlindungan dan Advokasi :
Drs. H Slamet Santoso. M.M (Koordinator) (SMK Pahlawan Mojosari)
Sholkan Imron. S.Pd (SMPN 1 Puri Mojokerto)
Saichul Adenan, S.Pd.I (MIN Seduri Mojosari)
Dewi Masyitoh, S.Ag. MPdI (MAN Mojosari)
R. Rifa’i, S.Ag. M.PdI (MI Pancasila Modopuro)
Kholiq, S.Pd. M.Pd (MI Al Kharim Mojosari )

Tujuan secara umum kegiatan Seminar Nasional Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Mojokerto Tahun 2017 ini adalah untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru. Sedangkan tujuan secara khusus kegiatan Seminar Nasional Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Mojokerto Tahun 2017 ini adalah sebagai berikut. (1). Mampu memahami tentang kebijakan pemerintah dalam peningkatan profesionalisme guru; (2). Mampu memahami kebijakan pemerintah tentang gerakan literasi; (3). Mampu memahami makna, tujuan dan manfaat gerakan literasi; dan (4). Mampu menerapkan gerakan literasi dalam pembelajaran

Tema kegiatan Seminar Nasional Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Mojokerto Tahun 2017 ini adalah ”Implementasi Gerakan Literasi Dalam Pembelajaran”. Sebagai narasumber pada kegiatan Seminar Nasional Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Mojokerto Tahun 2017 ini adalah sebagai berikut. (1). Dr. Much. Khoiri, M.Pd. (Dosen UNESA, Penggagas Jalindo, Penulis); (2). Drs. Marjuki, M.Pd. (Widyaiswara LPMP Provinsi Jawa Timur dan Ketua IGI Wilayah Jawa Timur); (3). Drs. Sumarsono, M.Pd. (Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto); dan (4). Istiqomah, S.Pd., M.Pd. (Redaktur Majalah Media Guru Indonesia, Penulis, Trainer, Guru Berprestasi),

Dengan adanya seminar nasional dan pelantikan pengurus Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Mojokerto ini diharapkan mampu memberikan manfa’at dan dapat meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. (Akhid Afnan /subari).

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here