PELATIHAN LITERASI PRODUKTIF: PEMBELAJARAN MENYENANGKAN, EFEKTIF DAN RAMAH OTAK

0
1572

Oleh : Abd. Aziz Rofiq

IGI Tangerang Selatan kembali menyelenggarakan pelatihan untuk guru-guru sekolah setempat pada Sabtu 19 November 2016. Tema yang diangkat kali ini adalah ‘Pembelajaran Menyenangkan, Efektif dan Ramah Otak.” Sebanyak 200 guru mengikuti pelatihan yang dihelat atas kerjasama dengan FIF Group Astra dan Bank Permata. Materi ini sangat diminati peserta, terbukti hanya dalam dua hari kursi pelatihan gratis ini habis dipesan. Maka dengan berat hati panitia terpaksa menolak pendaftar.

whatsapp-image-2016-11-26-at-3-22-31-pmBapak Ibrahim Irzy Kepala Cabang FIF Group Cabang Pamulang mengatakan bahwa pelatihan ini didanai dengan dana CSR (Company Social Responsibility). “Dengan CSRnya FIF ingin berperan aktif dalam pembangunan sumber daya manusia di Tangerang Selatan melalui bidang pendidikan,” jelas Ibrahim.

Selama empat jam peserta terlibat aktif dalam proses pelatihan yang dipimpin Asep Mahfud ini. Disamping memahami materi dan media pembelajaran seorang guru juga harus menguasai metode pembelajaran. Hal ini penting agar guru mampu mengajar dengan mengaktifkan siswa dalam belajar, menyenangkan dan efektif. Selain itu dibutuhkan pula cara mengatur ungkapan baik dalam bentuk bahasa tubuh maupun tutur kata agar siswa merasa nyaman saat belajar, inilah yang dikatakan dengan pembelajaran yang ramah  otak. Peserta mendapatkan materi seperti cara membangkitkan motivasi belajar, pembelajaran aktif, senam otak dan wawasan pembelajaran lainnya.

Disamping guru-guru Tangsel tingkat TK/Paud, SD, SMP, SMA dan SMK hadir juga peserta dari luar daerah. Ibu Uswatun Hasanah peserta dari Serang mengaku tertarik dengan materinya, “Tidak sia-sia saya datang dari jauh, dari awal saya tertarik dengan materinya dan saya puas karena sangat bermanfaat agar saya dapat mengajar lebih baik lagi,” tutur guru SDN Pamanuk 1 Kab. Serang ini.

Dedy Syuhada mempunyai motivasi tersendiri hadir di pelatihan ini. Guru PAI SMKN 7 Pekanbaru ini sudah mendaftar jauh-jauh hari karena ingin mengetahui lebih jauh tentang IGI dan berniat ikut mengembangkan di daerahnya. “Dari facebook pak Rofiq saya tertarik dengan IGI karena kegiatan pelatihannya. Saya ingin guru-guru di Riau bergabung dengan IGI agar kompetensinya meningkat”, pungkasnya.

Dalam kesempatan ini Spektra setempat juga membuka pendaftaran bagi anggota IGI yang ingin memiliki tab Samsung A8. Spektra adalah anak perusahaan FIF yang bekerjasama dengan IGI dalam pemilikan tab tersebut melalui kredit. Sebagaimana diketahui IGI memiliki program Sagusatab atau satu guru satu tab. Anggota IGI antusias menyambut fasilitas ini dalam dua pilihan masa kredit yaitu 12 dan 18 bulan, sekitar sepuluh orang langsung mengajukan aplikasi.

#HGN #IGI #Guru #IGI7tahun

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here