Optimalisasi Pemanfaatan Akun belajar.id bergema di kota Medan

0
240

Pelatihan optimalisasi Google workspace for education dengan akun belajar.id dalam pembelajaran blended learning dilaksanakan oleh IGI kota Medan berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan Kota Medan dengan menggandeng fasilitator IGI Sumatera Utara merangkap pengurus daerah dilaksanakan mulai tanggal 21 September sampai dengan 25 September. Adapun fasilitator yang terlibat berasal dari beberapa kab/kota.
Jumlah peserta yang mencapai 2675, tergabung dari guru SMP dan SD yang berasal dari kota Medan dan di luar kota Medan provinsi Sumatera Utara. Dukungan penuh dari Kabid Pembinaan SD Bapak Muliadi membuat pelatihan akun belajar.id bergema di Kota Medan.
Acara dipandu oleh Bapak Surianto selaku kepala bidang pelatihan atau peningkatan mutu IGI kota Medan dan dibuka oleh ketua IGI Kota Medan Bapak Samiun Alim, M. Pd, Ketua Wilayah IGI Sumatera Utara Ibu Dewi Sri Indriati Kusuma S. Pd, M.Si dan Waketum I PP IGI Bapak Muliadin Harahap MM.

Kegiatan dihadiri oleh Bapak Ketua Umum PP IGI Danang Hidayatullah dengan memberikan sambutan serta apresiasi khusus kepada tingginya antusiasme guru dalam mengikuti kegiatan pelatihan Google workspace for education. Beliau menegaskan bahwa guru harus bisa menyesuaikan diri dengan perubahan.

Acara dibuka oleh kepala Dinas Pendidikan Kota Medan DR. Adlan S.Pd M.M dan mendapat dukungan penuh dari Bapak Kepala Dinas. Beliau mengharapkan Bapak Ibu guru mampu menjadi guru transformasi digital dan pendidikan dikota Medan menjadi cyber education.
Pemaparan materi disampaikan oleh para trainer dalam kurun waktu 3 hari masa sinkronus yaitu materi tentang penerbitan dan aktivasi akun belajar ID yang diberikan oleh kementerian Pendidikan dan kebudayaan dipandu Ibu Khairina Lubis.  Pemanfaatan Google drive dalam kolaborasi data menjadi materi pembuka yang dibawakan oleh Bapak Jul afriandi Sinaga dan Bapak Edy Tia Jaya.

Untuk sesi 2 dilanjutkan dengan materi GoKaMJa: Google Meet, Kalender dan Jamboar yang dibawakan oleh ibu Gusti Dewi Monalisa Ramlan, S.Sos. tak jenuh dan kegiatan menjadi lebih atraktif para trainer menyisipkan ice breaking dalam bentuk puisi yang dipandu langsung oleh trainer khusus yang merangkap trainer GMT ibu Leni Nurcahaya purba, SPd. dari Ikatan Guru Indonesia Kabupaten Tapanuli Utara.

Materi sinkronus untuk hari kedua dilaksanakan 22 September dengan materi Google Classroom sebagai LMS. Materi dibawakan oleh 3 trainer yaitu Citra Magdalena butarbutar M.Pd, Maisarah Silalahi S. Pd, Gr dan Khairina Lubis S.Pd.

Di hari ketiga Kamis 23 September 2021 materi yang dibawakan adalah assessment interaktif dengan menggunakan Google formulir serta pemanfaatan site sebagai media pembelajaran akan dibawakan oleh Bapak Muhammad Aulia Rahman, Ibu Novrini M. Pd dan ibu RA Selfie Saptya Dewi, S. Pd. Ruangan zoom dikawal oleh Ibu yg baik hati Sunni Aulia. Materi, penugasan serta presensi kehadiran peserta dilaksanakan di platform Google classroom dan diskusi dilaksanakan di grup Telegram.

IGI Medan juga mengantisipasi terbatasnya kapasitas room yang hanya dapat menampung 1000 orang sehingga kegiatan dilaksanakan juga secara live streaming di YouTube TV IGI Sumatera Utara.

Selanjutnya pembelajaran secara asinkronus dilaksanakan selama dua hari yaitu tanggal 24 dan 25 serta finalisasi tugas-tugas semua peserta sehingga peserta yang lulus akan layak mendapatkan sertifikat 32 JP.

Simak Pelatihan Optimalisasi GWE dengan Akun Belajar melalui tayangan berikut.

Comments

comments