Menulis untuk Diri, Menulis untuk Berbagi

0
646

Tuti Trisnowati

Hanya  kalimat pujian bagi sang Maha pembuat skenario kehidupan tiap makhluk-Nya. Alhamdulillah, walhamdulillah tsumma Alhamdulillah, itulah kalimat yang patut kupanjatkan akan takdir-Nya mempertemukan diriku dengan IGI. Karena taka ada yang kebetulan di dunia ini.

Pertemuanku dengan IGI barulah seumur jagung, bahkan aku belum pernah bertemu dengan teman-teman peserta ataupun pengurus IGI kecuali sebagian kecil pada acara KOPDAR di Menara Batavia pada pertengahan November yang lalu.

Itulah sebabnya, sempat terselip keraguan di hati untuk mengikuti TOT pada tanggal 24-25 Desember yang lalu. Mengapa? Karena tak ada satu teman pun yang kukenal kecuali di dunia maya (WhatsApp, FB atau telegram), Rute perjalanan yang tak kupahami walau akhirnya kupilih komuter line (biasanya cuma ke Bogor atau Tanah Abang. hehe), belum lagi diri yang masih jauh dari faham dengan teknologi alias“GAPTEK”.

Namun apa mau dikata Tab A 8 sudah ditangan jadi mau tak mau harus bisa digunakan dan dioptimalkan maka  kukuatkan tekad untuk melangkah ke BDK Rawa Kuning dan berniat mengikuti TOT sepenuh jiwa. Karena menjadi keyakinan pada tiap pertemuan yang diniatkan belajar, ilmu akan berlari menghampiri, entah dari kebaikan yang menginspirasi atau kekurangan yang diwaspadai, bismillah.

Tekad sudah dikuatkan, namun tetap saja mengawali hari pertama TOT, rasa masih rikuh dan tidak percaya diri. Sebab datang terlambat (jam 8 lewat), tidak ada lagi panitia registrasi, (ternyata aku lewat belakang gedung… hihi), dan acara sudah dimulai. Namun Alhamdulillah acara ternyata belum sepenuhnya dimulai. Hingga akhirnya seiring waktu suasana mulai cair bagiku, satu persatu teman mulai memperkenalkan dirinya begitupun denganku. Bahkan tidak disangka bertemu teman sewaktu kuliah (udah agak lupa; Maaf Pak Budiman….). Dan lucunya keakrabanku dengan bu Maryam dan candaan dengan Pak Shobirin berhasil membuat Pak Danang tertipu (dikiranya kita satu sekolah padahal baru kenal……..Ha! Kena Deh!!!)

Melewati hari pertama dengan penuh antusias, Banyak hal dan fakta menarik yang disampaikan Bapak Ramli sebagai Ketum IGI yang membuatku menjadi lebih yakin dengan IGI. Ilmu dan motivasi  yang disampaikan oleh para Trainer yang sangat bermanfaat dan benar – benar menambah wawasan serta pengetahuan. Dan membuat kita menjadi Kekinian…. (Jadi Model sampul majalah) Efek belajar Photo Lab PRO bersama Bu Rahmi.

Hari itu entah bagaimana mengungkapkannya sepertinya hampir semua peserta mempunyai energy  tambahan hingga tak terasa jam sudah menunjukkan pukul sepuluh malam lebih dan sudah saatnya kami beristirahat namun diri masih haus akan ilmu (edisi materi pak Adan yang belum tuntas).

Melanjutkan hari kedua, diawali dengan olahraga pagi. Sayang… aku tak ambil bagian karena persiapan yang seadanya hingga lupa membawa kaos untuk olahraga ditambah kondisi kehamilanku yang tak memungkinkan. Dan benar saja hari kedua ini benar –benar perhatianku dan teman- teman benar- benar tercurah pada materi demi materi, trainer demi trainer. Tak ada yang bergeming dari bangku dan ruang pelatihan walau hanya sekedar mengambil snack. Dan itu berlangsung sampai sore (Maaf saya curi waktu buat sholat Ashar)

Belajar Menulis, membuat komik, mengenal teori Menemu Baling dan sesi diakhiri dengan membuat blog (walau singkat) benar – benar membuka membuka mata hati. Mengajar berarti terus belajar. Tak akan dapat mengajar dengan baik jika tak mau belajar. Belajar tak pernah mengenal selesai. Belajar kemana saja dan kesiapa saja. Banyak melihat, mendengar dan bertanya adalah bagian dari belajar.

Spesial kata terimakasih untuk para guru, trainer TOT 2 DKI yang begitu menginspirasi dan memberi banyak ilmu. Semoga melalui tulisan ini mengalir pahala atas ilmu bermanfaat yang telah ditularkan kepada penulis. Buat teman –teman peserta TOT guru-guru IGI DKI tetaplah berbagi dan berbagi. Dengan berbagi kita akan termotivasi untuk menambah kapasitas diri.

Akhirnya maaf atas segala salah dan khilaf.  Majulah Guru-Guru IGI!!!

 

#Jelang deadline 2 Januari

#Resolusi tahun 2017, semoga bisa kontinyu menulis

 

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here