LONTARA Edisi 4: “Mengecilkan Dunia yang Cukup Besar dengan Augmented Reality”

0
33

Pernahkah Anda mendengar teknologi bernama Augmented Reality? Pernahkah Anda menggunakan teknologi ini? Sebenarnya, Augmented Reality sudah sering kita temui di kehidupan sehari-hari, jadi mungkin Anda pun pernah menggunakan teknologi ini sebelumnya. Dalam artikel ini, akan dijelaskan apa itu Augmented Reality dan apa saja kegunaannya.

Augmented Reality atau yang sering disingkat menjadi AR merupakan teknologi dimana seseorang mengalaminya melalui video dan audio 3D. Apakah ini terdengar sama dengan Virtual Reality atau VR? AR dan VR memang hampir sama, namun ada perbedaan besar di antara keduanya.

Jika Virtual Reality membawa seseorang ke dalam ‘dunia’ berbeda untuk merasakannya, beda halnya dengan Augmented Reality. Teknologi AR berhubungan dengan dunia nyata. Contohnya, merk cat terkenal, Dulux, mempunyai sebuah aplikasi dimana seseorang dapat mengubah warna dinding rumahnya dalam seketika. Hal yang perlu dilakukan adalah mengarahkan smartphone Anda ke arah dinding yang ingin dicat ulang. Setelah itu, Anda hanya perlu memilih warna cat untuk dicoba dan warna dinding Anda akan berubah dalam seketika. Tentu saja, warna dinding Anda tidak betul-betul berubah di dalam dunia nyata, namun Anda dapat melihat perubahannya melalui aplikasi di smartphoneAnda.

Augmented Reality juga dapat ditemukan pada media sosial seperti Instagram. Apakah Anda mempunyai akun Instagram? Jika ya, kemungkinan besar Anda pernah menggunakan teknologi AR. Pada fitur story di Instagram, Anda dapat melakukan selfie dengan berbagai macam bingkai atau disebut filter. Ketika Anda menggunakan fitur filter ini, wajah Anda tidak berubah sama sekali di dunia nyata, bukan? Hanya saja, wajah Anda berubah di layar smartphone. Itulah teknologi augmented reality, sebuah teknologi yang berhubungan dengan dunia nyata. Kedua contoh ini, membuktikan bahwa Dulux dan Instagram menggunakan AR interactive. Jadi kita akan belajar bagaimana dunia yang cukup besar dikecilkan dengan Augmented Reality.

Simak pemaparan  guru hebat Pak Muhammad Zia-ulHaq dari  SMAN 4. Didampingi oleh 2 wanita cantik yang bertindak sebagai Host dan Moderator  Ibu Ikha Ayuvia Johan dari  SD Neg. Percontohan PAM dan Ibu Sulfajriyani Indah SMA Kartika XX-2 Kendari.

💐 *Ayo bergabung bersama melalui Video Teleconference di:* 💐
Link: http://bit.ly/lontara4
Event number: 572 966 287
Event password: 12345

Comments

comments

BAGIKAN
Artikulli paraprakSADAR 112, “GEMA LITERASI”
Artikulli tjetërMRR Ketum IGI dan Mendikbud NM
Guru di Kalimantan Selatan, saat ini menjabat sebagai Ketua Bidang Publikasi, Humas dan Sosial PP. IGI