Kunjungan Ikatan Guru Indonesia (IGI) wilayah DKI Jakarta ke SIKL

0
42

Kunjungan Ikatan Guru Indonesia (IGI) wilayah DKI Jakarta ke SIKL
Penulis : Tuti Trisnowati

Senin, 2 Desember 2019, para guru yang merupakan pengurus Ikatan Guru Indonesia (IGI) DKI Jakarta melakukan kunjungan pendidikan ke Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). Rombongan terdiri dari 7 orang guru di komandoi oleh Sekjen IGI DKI Jakarta sekaligus direktur STST Program Bpk Syaripuddin atau lebih akrab disapa dengan Pak Adan. Adapun pengurus IGI DKI Jakarta yang ikut serta dalam kunjungan ini adalah Roro Tia Rizki Ferlina, M.Pd, Wahyu Sri widowati, M.Pd, Nuryanti, M.Pd, Lilis Ikaningsih, S.Pd, Nurbaety Kumala dan Tuti Trisnowati, S.Pd (sekretaris STST Program).
Kunjungan ini dalam rangka mensosiaisasikan kegiatan School To School Training (STST) Program yang merupakan program unggulan IGI DKI Jakarta untuk meningkatkan kompetensi guru, sekaligus silaturahim bersama para guru Sekolah Indonesia di Kuala Lumpur, yang sebagian juga merupan anggota IGI.

Bapak Dr. Encik Abdul Hajar, MM selaku kepala Sekolah Indonesia Kuala Lumpur menyambut baik kunjungan ini, Beliau menyatakan kekaguman dan kesalutannya pada organisasi IGI yang mampu mewadahi guru guru Indonesia dalam peningkatan kompetensinya. Dalam kesempatan ini Beliau juga memaparkan berbagai hal yang yang berkaitan dengan pembelajaran di sekolah Indonesia di Kuala Lumpur, Keunikan serta hal- hal yang menjadi tantangan dalam melaksanakan pendidikan di sekolah Indonesia di Luar Negeri, khususnya di Kuala Lumpur.

Tak ketinggalan beliau juga menitipkan beberapa pesan yang mungkin bisa disampaikan kepada “Mas Menteri” karena beliau menganggap IGI adalah organisasi yang dekat dengan menteri Pendidikan yang baru Bapak Nadiem Makarim. Di akhir sambutannya beliau juga berharap semoga ke depan IGI dan SIKL bisa lebih bersinergi dalam meningkatkan kompetensi guru sehingga hal tersebut dapat meningkatkan layanan pendidikan bagi masyarakat Indonesia di Malaysia.

Sambutan baik juga diperlihatkan rekan – rekan guru sekolah Indonesia di Kuala Lumpur, satu persatu mereka memberikan pengalaman serta kesan terhadap organisasi IGI yang juga mereka ikuti. Salah satunya Bapak Herman Sahara, Beliau berbagi pengalaman bagaimana ia mengenal IGI, mengikuti pelatihannya dan berhasil menjadi penulis melalui kegiatan SAGUSAKU hingga akhirnya menjadi salah seorang trainer yang bisa melatih teman – teman guru lainnya.

Tak sampai disitu, Kami diberi kesempatan untuk melakukan ‘Sharing” secara langsung bersama ibu Ratna Rahmawati, SE, MM sebagai Waka Kurikulum SD, Ibu Nunik Heri Wahyuni, MM waka kesiswaan Bapak M. Alwi Luthfi, M.Pd sebagai Waka Kurikulum SMP dan Bapak Kuntoro Adi Djuanda, S.Pd sebagai Waka kurikulum SMA. Banyak hal menarik yang bisa kami implementasikan di sekolah – sekolah Indonesia, diantaranya kebijakan sekolah yang menerapkan system remedial dan matrikulasi sehingga tidak ada anak yang tidak bisa naik kelas, pemanfaatan IT dengan system entry-exit class room untuk kehadiran siswa serta aplikasi utk administrasi dan supervisi guru.

Tak terasa, karena waktu jualah, akhirnya acara ditutup dengan penyerahan cindera mata dari SIKL kepada IGI DKI Jakarta dan sebaliknya Piagam dari IGI DKI Jakarta untuk sekolah SIKL serta penyerahan buku-buku yang merupakan karya dari guru – guru IGI di Indonesia.

Sungguh, kunjungan kali ini sangat berkesan dan membawa banyak manfaat bagi kami baik secara pribadi maupun organisasi. Karena itu kami sangat berterimakasih kepada ibu Ruwiyati Aziz selaku waka Humas yang telah menyiapkan penyambutan hangat luar biasa, Bapak kepala Sekolah Dr. Encik Abdul Hajar, MM, Bpk Deany Yasir dan rekan – rekan guru SIKL serta yang paling spesial adalah ungkapan terimakasih untuk ibu Arrashia Andinis yang telah menemani kami sekaligus menjadi “Guide Tour” selama di Kuala Lumpur Malaysia.

Comments

comments