Kiprah IGI Kabupaten Wakatobi dalam Peningkatan Kompetensi Guru CPNS

0
212

Wangiwangi, 2 April 2019 (Aula Kantor Kec. Wangiwangi)

Menghadapi era milenial, IGI kabupaten wakatobi berkiprah memberi sumbangsih membangun daerah lewat peningkatan mutu pendidikan. Komitmen IGI Kabupaten Wakatobi untuk selalu bersinergi dengan program pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Wakatobi perlahan terwujud, sekaligus memenuhi kesepakatan dalam MoU IGI Kabupaten Wakatobi dengan Dinas Dikbud Kabupaten Wakatobi.

Hari ini, Selasa, 2 April 2019, IGI Kabupaten Wakatobi mengambil peran mengisi materi pada program orientasi guru-guru yang telah lulus sebagai CPNS daerah kuota tahun 2019. Masih dalam komitmen awal, IGI Kabupaten Wakatobi konsisten pada materi peningkatan kompetensi guru sebagai persiapan awal CPNS guru ketika masuk ke dunia siswa yang menuntut model pembelajaran yang kreatif dan inovatif.

Ketua IGI Kabupaten Wakatobi, Nurhayati, S.Pd., M.Pd. lebih mengupas materi pada Sosialisasi Dinamika Kurikulum 2013 yang terintegrasi dengan pembelajaran abad ke-21. Bukan hanya itu, beliau juga berharap materi yang disajikan dalam waktu singkat tersebut akan lebih gamblang dijelaskan pada pertemuan komunitas guru melalui wadah KKG dan MGMP nantinya. Hal ini sejalan dengan ide sekretaris umum IGI Kabupaten Wakatobi Jasman, S.Pd. yang juga sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut. Lebih memfokuskan materi pada kesiapan guru-guru Kabupaten Wakatobi dalam menghadapi era industri 4,0. Sapaan akrabnya sebagai “Guru Ikan-Ikan” ini lebih memberi pemahaman kepada CPNS guru tentang pentingnya teknologi dalam pembelajaran. Guru harus siap menghadapi perkembangan zaman, bukan menjadi penonton yang pasif agar menjadi guru yang hebat dan profesional.

Beberapa pertanyaan peserta orientasi CPNS, dalam hal ini Irsan, S.Pd.I: “Apa langkah yang dilakukan IGI kabupaten Wakatobi dalam meminimalisir ketertinggalan guru-guru di Kabupaten Wakatobi dalam hal peningkatan mutu guru?’. Tentu saja dengan sikap tegas dijelaskan oleh Nurhayati bahwa: “Kegiatan pembekalan CPNS ini merupakan salah satu program yang sedang dijalankan oleh IGI Kabupaten Wakatobi dalam mewujudkan komitmen melatih guru-guru mengembangkan diri. Bukan hanya itu saja, IGI Kabupaten Wakatobi sudah melatih kurang lebih 300 orang guru di Wakatobi sejak IGI Kabupaten Wakatobi terbentuk tahun 2017 sampai dengan tahun 2018 kemarin. Dan alhamdulillah program IGI Kabupaten Wakatobi mulai tahun 2019 menargetkan melatih minimal 400 orang guru per tahun yang akan tersebar di Pulau Wangiwangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko.”

Kegiatan orientasi berlangsung dengan tertib walaupun dibatasi oleh waktu tetapi cukup memberi pemahaman kepada CPNS untuk mempersiapkan diri ketika menyentuh langsung dunia pendidikan di sekolah masing-masing. Dalam arahan Kepala Seksi PAUD Nurmasi, S.Pd. sekaligus membuka kegiatan dengan resmi, lebih menyentuh pada empat kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh setiap guru yakni: Kompetensi Pedagogik, kompetensi Profesional, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial. Sangat klop dengan materi dari narasumber. Di Penghujung materi ditutup dengan arahan singkat dari Koordinator Pengawas Dinas Dikbud Kabupaten Wakatobi, Mujaidi, S.Pd.,M.M. tentang pemetaan mutu pendidkan di Kabupaten Wakatobi secara menyeluruh.

Comments

comments