Kepala Perpustakaan Siap Sebarkan Buku Komik IGI Balangan

0
818

Paringin. Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Balangan melaksanakan kegiatan seminar nasional berbasis teknologi informasi dan workshop pembuatan media pembelajaran berbasis komik di aula SMPN 1 Paringin, Minggu (21/08/16).

Kepala Perpustakaan dan arsip daerah Kab. Balangan, Ubaidillah saat membuka kegiatan tersebut menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada pengurus IGI Balangan. Ubaidillah mengungkapkan bahwa seminar dan workshop tersebut sesuai dengan visi dan misi Bupati Balangan untuk meningkatkan sumber daya manusia, karena kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai tenaga pendidik.

Selanjutnya Ubaidillah juga berharap, hasil kegiatan bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk di terapkan pada saat belajar mengajar, agar siswa semakin mudah memahami pelajaran. Kalau ada satu atau beberapa orang guru mata pelajaran yang mampu membuat media pembelajaran berbasis komik dalam bentuk buku, perpustakaan siap mendokumentasikannya dan disebarkan pada sekolah lain, ungkapnya.

Ketua Umum IGI pusat, Muhammad Ramli Rahim dalam sambutannya mengatakan, kegiatan IGI bersinergi dengan pemerintah melalui kegiatan seminar dan workshop untuk mendidik guru membangun bangsa, karena selain siswanya diedukasi, gurunya harus siap dan belajar lebih dahulu. “Guru harus belajar lebih dahulu sebelum mengajari siswanya, apalagi sekarang jaman internet, siswa bisa lebih tahu dari gurunya”, kata Ramli.

Workshop pembuatan media pembelajaran berbentuk komik ini menghadirkan Abdul Karim sebagai pembimbing. Abdul Karim mengatakan, untuk membuat komik hanya perlu foto-foto dan perangkat komputer untuk editing. Melalui akvis scatch dan comic life 3, para guru dapat mendesain komiknya sendiri. Foto siswa atau tentang alam bisa kita edit agar berbentuk kartun, tidak perlu ada keahlian menggambar. Selanjutnya tinggal kita isi dialognya dengan pelajaran dan di presentasikan melalui LCD proyektor, kata Karim. (Rep./Ft: Hamid)

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here