Kanal Sagusampe IGI Manfaatkan Cloud Storage Untuk Pembelajaran

0
37

Dalam menyambut dan memeriahkan Hari Guru Nasional Tahun 2019, Ikatan Guru Indonesia melalui program LONTARA (Learning Online Nusantara) yang dimotori oleh Imran Rosyadi menggelar acara Temu Virtual Pelatih IGI selama 8 jam nonstop di hari Minggu 24 Nopember 2019 mulai pukul 13.00 hingga pukul 21.00 Wib

Ada beberapa kanal pelatihan yang ditampilkan diantaranya SAGUSAMPE (Satu Guru Satu Media Penyimpanan) yang dipresentasikan oleh Muliadin Harahap, pelatih sekaligus founder kanal dari Deli Serdang Sumatera Utara.

Materi yang disampaikan dalam workshop ini berupa pemanfaatan cloud storage yaitu teknologi penyimpanan data digital yang memanfaatkan server virtual sebagai media penyimpanan. Metode ini memiliki sejumlah keunggulan, antara lain: data dapat diakses kapanpun dan dimanapun, data yang disimpan bisa untuk semua jenis file (dokumen, foto, video, dsb), bisa di akses melalui PC, Laptop, Tablet, Smartphone dan dapat di share ke orang lain.

Kanal pelatihan ini sudah dilatihkan kepada 480 pendidik dan tenaga kependidikan di Kabupaten Karo, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Serdang Bedagai, Kabupaten Langkat dan Kota Medan, dilaksanakan dengan cara tatap muka dan dilanjutkan dengan kegiatan tugas-tugas dan bimbingan online.

Setelah mengikuti workshop diharapkan nantinya para guru mulai beralih ke cloud storage dan tidak lagi bergantung hanya kepada flashdisk, harddisk external, CD dan memory dalam menyimpan file file penting yang berkaitan dengan tugasnya sebagai pendidik dan file file lainnya.

Comments

comments