Kanal IGI Sagudistro Gelar TOC Nasional di Surabaya

0
272

SAGUDISTRO sebagai salah satu kanal pelatihan Ikatan Guru Indonesia (IGI) menggelar kegiatan training of coach untuk mempersiapkan para pelatih yang akan disebar ke seluruh Indonesia dalam meningkatkan berbagai kompetensi guru untuk mencapai mutu pendidikan yang lebih baik. Selain mempersiapkan para pelatih yang profesional di bidang Digital Storytelling, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan berbagai inovasi dan kreatifitas dalam mengembangkan Digital Storytelling sehingga dapat membantu proses pembelajaran siswa didalam kelas, ungkap Ferdiansyah Syaiful Hijrah, Founder Kanal SAGUDISTRO.

Sabtu 31 Maret 2018, Satu Guru Satu Digital Storytelling menggelar TOC yang bertempat di Balai Diklat Keagamaan Surabaya (Jalan Ketintang Madya No. 92 –Surabaya). Pelatihan TOC ini, mempersiapkan 36 Pelatih yang hadir dari beberapa kota besar di Indonesia, dengan harapan kelak para peserta pelatih SAGUDISTRO dapat terus berkembang dan menyebarluaskan Digital Storytelling ini ke berbagai pelosok di Indonesia.

Pelatihan TOC SAGUDISTRO dibuka langsung oleh Kepala Balai Diklat Keagamaan Surabaya Dr. H. Muchammad Toha, M.Si, Beliau sangat antusias dalam menyambut kegiatan ini dikarenakan beliau juga merupakan Guru yang sangat senang menyampaikan cerita, ujarnya. Selain beliau, hadir pula Ketua IGI Wilayah Surabaya Bunda Cicik Sriwulandari yang memberikan semangat serta motivasi kepada kami untuk menjadi pelatih-pelatih yang profesional untuk terus mengembangkan Kanal SAGUDISTRO ini.
Materi yang dipersiapkan dalam kegiatan TOC SAGUDISTRO merupakan bebagai materi Digital Storytelling yang akan disampaikan langsung oleh berbagai pakar di bidangnya. Ferdiansyah Syaiful Hijrah atau yang akrab disapa Kang Ferdi sebagai Founder SAGUDISTRO turun langsung untuk memberikan materi mengenai pembuatan Digital Storytelling yang sebelumnya sudah diperkuat dengan berbagai keterampilan Story Telling yang disampaikan Bunda Heppy Prasetyo Aju sebagai Master Trainer SAGUDISTRO. Dalam kegiatan pelatihan ini seluruh peserta yang akan dilatih menjadi pelatih profesional menyiapkan berbagai bahan dan alat seperti laptop, modem, dan lain sebagainya.

Dalam pelatihan ini pula, Ferdiansyah Syaiful Hijrah sebagai Founder SAGUDISTRO menyampaikan dalam sebuah kajiannya ditemukan bahwasanya bercerita itu merupakan kegiatan yang sangat penting dilakukan. Hal tersebut sejalan dengan Jennifer Aaker dari Stanford University yang juga menyatakan bahwa suatu materi yang disampaikan melalui bercerita itu 22 kali lebih kuat dibandingkan dengan data dan angka. Selain itu dalam kajian yang lain ditemukan pada abad 14 tahun silam, bahwasanya firman Allah SWT didalam Al-Quran banyak disampaikan melalui bercerita. Sehingga bercerita memang harus menjadi aktifitas yang penting dilakukan kita semua.

Masih lanjut Kang Ferdi menyatakan, walau pada awalnya Digital Storytelling ini saya ketahui melalui online course di University of Houston, USA. Saya berfikir ini sangat penting dilakukan di Indonesia, karena masih banyak guru yang belum terbiasa ataupun jarang melakukan kegiatan bercerita pada siswa dengan berbagai jenis alasan yang beragam diantaranya, malu, tidak bisa, suaranya pas-pas an, dan lain sebagainya.

Materi Digital Storytelling terus dikembangkan dan disesuaikan dengan kondisi di Indonesia baik dari segi konten ataupun software yang digunakan, hal tersebut menjadi penting karena kondisi USA tentu berbeda dengan Indonesia. Ferdiansyah pun sebagai founder SAGUDISTRO mengungkapkan impian terbesarnya terhadap guru dan siswa agar kelak bisa bersama-sama membuat Digital Storytelling sehingga akan membantu dan memperkuat value (nilai), karakter diri, memori, dan hati. Melalui berbagai materi pelajaran yang dibalut sentuhan Digital Story Telling.

Pelatihan yang berlangsung selama dua hari ini, tentu disambut dengan baik oleh seluruh peserta TOC SAGUDISTRO, sebagaimana yang diungkapkan oleh Bu Fitri seorang Guru SMA Negeri 17 Surabaya, “Saya sangat bersyukur bisa mengikuti TOC ini, selain menambah pengetahuan baru saya semakin percaya diri untuk membuat bahan ajar dalam membantu para siswa agar lebih mudah memahami berbagai konten pelajaran terutama dalam pelajaran bahasa inggris yang saya ampu”.

Semoga Kedepan Kanal SAGUDISTRO, dapat terus Sharing And Growing Together bersama seluruh Ikatan Guru Indonesia (IGI) di seluruh wilayah di Indonesia dan kami siap menghadirkan para pelatih yang akan membantu seluruh guru dalam membangun pendidikan melalui Satu Guru Satu Digital Storytelling.

Untuk mengetahui karya-karya Digital Storytelling, para pembaca dapat menontonnya di Channel resmi SAGUDISTRO di YouTube yang beralamat di: http://bit.ly/SAGUDISTRO

(Redi Awal Maulana – Sekretaris Pengurus Kanal SAGUDISTRO)

Comments

comments

BAGIKAN
Artikulli paraprakIGI DKI Goes to School
Artikulli tjetërPIAGAM REKOR MURI UNTUK IGI
Guru di Kalimantan Selatan, saat ini menjabat sebagai Wakil Sekjen Bidang Literasi dan Publikasi Karya Guru