INOVASI HANYA LAHIR DARI GURU PEMBELAJAR

0
629

Hj Sumarni, S.Pd
SMAN 4 Cilegon, Alumni TOC Banten

Inovasi adalah langkah dinamis untuk selalu berkembang. Bagi sebuah perusahaan, inovasi adalah cara untuk bertahan dan mengembangkan perusahaan. Inovasi menjadi cara ampuh untuk menghadapi persaingan usaha. Sebesar apapun sebuah perusahaan, jika tidak melakukan inovasi, maka ia akan tergusur oleh zaman, dikalahkan oleh pesaing-pesaingnya. Ambil saja contoh Yahoo, pada masanya ia adalah raja di dunia maya, namun kini kalah oleh Google. Flickr punya Yahoo pun sekarang kalah oleh Facebook. Nokia, yang dulu mengagap remeh dengan android, sekarang tergusur oleh pesaingnya itu. Serta banyak lagi contoh lainnya, kuncinya hanya satu inovasi. Siapa yang terus berinovasi, maka ia akan menjadi terdepan di masa datang.

Dalam dunia pendidikan pun begitu. Guru sebagai agen of change, tentu harus pula selalu berinovasi. Bagaimana ia bisa merubah dunia pendidikan kalau dia sendiri tak mau berubah. Guru hebat adalah mereka yang selalu melakukan inovasi dalam pembelajarannya di kelas.

Inovasi tidak akan bisa muncul begitu saja. Langkah yang harus ditempuh guru adalah selalu belajar, atau kita istilahkan dengan “guru pembelajar”. Guru pembelajar ini yang akan melahirkan inovasi-inovasi hebat di masa datang. Banyak orang hanya melihat kesuksesan seorang guru ketika ia mendapat prestasi. Juara diberbagai lomba, mendapat penghargaan, dan sukses karena menemukan metode atau alat peraga baru untuk kelasnya. Padahal dibalik itu semua ada proses belajar yang dilaluinya.

Di era serba digital saat ini, sangat ironis apabila gurunya tidak melek IT. Tentunya kamu tahu kan Sparcol/animasi drawing, blog, menemu baling. Nah, materi tersebut yang diajarkan para trainer yang sudah ahlinya di TOC Banten. TOC diadakan agar pengajaran lebih berhasil dengan menggunakan media yang menarik. Salah satu media pembelajaran dikenalkan oleh para trainer dengan aplikasi android produk Samsung Galaxi Tab A8 With S Pen SM-P355.

IGI (Ikatan Guru Indonesia) dengan program Sagusatab/satu guru satu tablet bekerja sama dengan Samsung agar mempermudah pembelajaran di kelas. Pembelajaran akan lebih mudah dan menyenangkan. Inilah inovasi. Inovasi di dunia pendidikan yang akan terus berjalan mengiringi zaman yang terus berubah. Hanya guru pembelajar yang bisa melahirkan inovasi.

IGI telah mendorong guru-guru inovator saat ini dan masa depan.

Hj Sumarni, S.Pd
SMAN 4 Cilegon, Alumni TOC Banten

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here