IGI TERUS BERINOVASI GELAR TOT LITERASI PRODUKTIF

0
895

IGI Indonesia melaksanakan kegiatan TOT Literasi Produktif Berbasis IT tingkat nasional mulai hari Kamis 6 Oktober 2016 sampai Minggu 9 Oktober 2016 di LPMP Surabaya, Jawa Timur. Sebanyak 150 orang dari berbagai provinsi di Indonesia yang terdiri dari guru, kepala sekolah serta komunitas pendidik lainnya, yang secara bersama-sama berkomitmen menyatakan siap mengikuti TOT Literasi Produktif. Momen ini menjadi terasa istimewa karena merupakan ajang pertemuan dan berbagi ilmu bagi seluruh peserta TOT Literasi Produktif.

Hari pertama diawali dengan pengarahan sekaligus pembukaan secara resmi TOT Literasi Produktif, dilanjutkan dengan Pelantikan Pengurus Pusat IGI (Resufle Semester 1 tahun 2016).

Hari kedua materi dari PT Samsung Tablet A8 disampaikan oleh pak Banu tentang penjelasan , manfaat dan fitur-fitur dari tablet A8 sebagai media pembelajaran .Sesuatu yang menarik dari tablet ini adalah dapat “ Menulis dengan mulut dan membaca oleh telinga”. Program SAGUSATAB atau Satu Guru Satu Tablet, sungguh luar biasa. Produk tablet A8 yang mendukung guru untuk bereksplorasi dalam mengembangkan bahan ajar, sebagai upaya memaksimalkan media literasi dalam pembelajaran berbasis IT.

Di hari ke tiga semua peserta diberikan kesempatan memilih untuk mengikuti pelatihan sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki peserta. Kelas dibagi menjadi 6 kanal, diantaranya Media Animasi dan Pembelajaran Komik, Penulis hebat, KTI dan PKB, Blogger, Website, Sagusanov (satu guru satu inovasi) dan Sagusakti (satu guru satu KTI).
Keunikan dan kelebihan instruktur yang juga pengurus IGI memang mempunyai prestasi sesuai dengan bidangnya. Semua instruktur mengeluarkan kemampuan yang dimiliki untuk ditularkan kepada peserta TOT, karena IGI berkomitmen melahirkan guru kreatif sehingga guru mampu menghasilkan karya dan pembelajaran yang menyenangkan. Training Of Trainer Literasi Produktif bukan sekedar upaya melahirkan guru yang mampu membuat karya tulis ilmiah, tapi lebih dari itu guru harus mampu membuat media pembelajaran berbasis IT.

Terlepas dari itu yang berkesan pula adalah pelayanan dan fasilitas yang diberikan LPMP Surabaya, mulai dari penjemputan di bandara sampai ke tempat tujuan LPMP yang begitu megah dan lengkap serta konsumsi yang cukup, sehingga kami mengikuti TOT dengan nyaman. Sungguh apresiasi yang luar biasa untuk pak Bambang selaku kepala LPMP Jawa Timur.

Terimakasih kami ucapkan teriring harapan kami, IGI selalu kompak dan terus tumbuh serta berkembang dalam meningkatkan kompetensi guru, terus membuat terobosan baru dengan inovasi yang lebih lagi dalam melahirkan generasi yang cerdas dengan segala karyanya.

Salam Literasi,
Nur Azijah, MTsN 1 Jakarta

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here