IGI Tak Henti Bangun Budaya Literasi

0
1373
Photo bersama IG-KSB dengan Bapak Bupati Sumbawa Barat. /f:apriyany

Sumbawa Barat, NTB – Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) kembali mengadakan kegiatan untuk mengembangkan kompetensi guru. Kali ini kegiatan dilaksanakan dalam bentuk workshop Karya Tulis Ilmiah (KTI) dengan tema “Membangun Budaya Literasi melalui Penulisan dan Lomba KTI”. Workshop tersebut dilaksanakan di ruang sidang 2 lantai 1 gedung Sekretariat Daerah kabupaten Sumbawa Barat dan akan berlangsung selama 4 hari  dari tanggal 17 sampai  20 Oktober 2016.

Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Bupati Kabupaten Sumbawa Barat, Bapak Dr.Ir.H.W Musyafirin, M.M  dan dihadiri oleh beberapa pemangku kebijakan Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat seperti Sekretaris Daerah Bapak Abdul Azis, S.H, M.H dan Kepala Bidang Dikmenti Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Bapak Aku Nurrahmadin, S.Pd.

img_20161017_160117
Pembukaan acara Workshop KTI oleh Bapak Bupati Sumbawa Barat

Bapak Bupati Sumbawa Barat sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh IGI-KSB. Dalam sambutan pembukaan acara, beliau menyampaikan penghargaan dan dukungan penuh terhadap program kerja IGI. Harapan beliau, IGI KSB terus berkomitmen untuk Ikhlas, Jujur dan Sungguh-sungguh (IJS) dalam  meningkatkan profesionalisme guru. Beliau juga berpesan  agar  IGI-KSB dapat bersinergi dengan lebih banyak pihak seperti instansi pemerintah, organisasi profesi guru lain, LSM dan sebagainya. Secara khusus beliau berpesan agar IGI-KSB bersiap-siap untuk menyambut dan mendukung program kerja pemerintah seperti program INOVASI kerjasama Pemerintah Indonesia dan Australia. Selanjutnya, beliau juga berharap agar program IGI-KSB dapat menyentuh lebih banyak guru di seluruh jenjang pendidikan mulai dari tingkat PAUD hingga tingkat SMA/SMK/MA.

Workshop KTI yang dilaksanakan oleh IGI-KSB mengundang Bapak Burhanuddin, M.Hum (Kandidat Doktor) sebagai Narasumber. Bapak Burhanuddin M.Hum adalah dosen tetap FKIP Universitas Mataram yang telah banyak menulis buku dan publikasi ilmiah. Salah satu buku yang telah beliau tulis berjudul Sejarah Komunitas Sumbawa di Pulau Lombok. Selain buku beliau juga telah menulis banyak artikel dan jurnal. Beberapa judul jurnal yang telah beliau tulis adalah Evaluasi Kebijakan pendidikan di Kabupaten Sumbawa Barat, Dampak BOS Terhadap Peningkatan Mutu pendidikan di Kota Mataram, Pengembangan Kinerja Kepala Sekolah Jenjang Pendidikan Dasar di Kabupaten Sumbawa Barat, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Harapan utama dari workshop KTI ini adalah untuk memberikan solusi terhadap kesulitan guru dalam menulis. Selain itu, workshop ini diharapkan untuk meningkatkan minat dan kemampuan guru dalam menulis khususnya dalam bentuk hasil penelitian, hasil gagasan dan karya ilmiah poluler. Guru diharapkan dapat memahami secara rinci tentang langkah-langkah penulisan KTI mulai dari penentuan topik penelitian, penyusunan rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, analis data, refleksi hingga penulisan KTI. Kedepan, guru diharapkan dapat melakukan publikasi KTI tersebut melalui media cetak ataupun elektronik.

Selanjutnya, peserta yang ikut dalam kegiatan workshop KTI diharapkan dapat mengikuti lomba penulisan KTI yang inshaAllah akan dilaksanakan oleh IGI-KSB pada minggu ke-2 bulan November 2016. Pemenang lomba akan diumumkan pada Hari Guru Nasional yang jatuh pada tanggal 25 November 2016. Semoga dengan adanya rangkaian kegiatan ini akan semakin banyak guru-guru produktif yang mampu menghasilkan tulisan sehingga kedepan mutu pendidikan nasional akan terus meningkat.

@ Apriyany, M.Ed (Sekretaris IGI Sumbawa Barat)

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here