IGI Serius Menggarap Digitalisasi Demi Mendorong Sukses Literasi Digital

0
599

Bali, IGI.OR.ID- Dalam rangka menghadapi perubahan paradigma pendidikan dan organisasi profesi yang berkemajuan di era digital, maka penting membangun ekosistem digital yang mampu memberikan wawasan literasi digital yang komprehensif dan terukur. Ikatan Guru Indonesia (IGI) hadir dalam memberikan pelatihan digitalisasi bersama seluruh admin Sisfo Wilayah se Indonesia. Pengurus IGI Pusat Amin Mungamar (Mr. Mung) dan Abdul Karim sebagai Narasumber di Hotel Plaza Suites Sanur Denpasar Bali, 25-27 Juni 2023.

Dari kiri ke kanan, Kabid IT Mr.Mung, Direktur Pusdiklat Khairina Lubis, Bendum Tia Rizqi Ferlina, Ketum IGI Danang Hidayatullah

Semua stakeholder bekerja sama dengan kemajuan teknologi khususnya mengadakan pelatihan digitalisasi media dan optimalisasi online. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam kepada peserta tentang pentingnya adaptasi teknologi dalam media serta strategi yang efektif untuk meningkatkan visibilitas dan pertumbuhan bisnis di dunia digital. Selain itu sebagai layanan prima anggota IGI di Indonesia dan luar negeri untuk mendapatkan akses digital yang cepat.

Pelatihan ini dihadiri pula oleh Pengurus Pusat (PP) IGI, panitia Program Organisasi Penggerak (POP) IGI, Fasilitator Nasional POP, dan Pengurus Wilayah (PW) IGI Bali. Acara pelatihan ini berlangsung selama tiga hari di pusat kota Denpasar dengan view Pantai Sanur Bali.

Arahan Ketum IGI, Danang Hidayatullah

Selama pelatihan, para peserta diberikan pengetahuan mendalam tentang media digitalisasi, termasuk konsep dasar dan perkembangan terkini dalam industri ini. Narasumber mengajarkan tentang penerapan teknologi terbaru dalam pemasaran digital, seperti penggunaan media sosial, SEO (Search Engine Optimization), website, domain + hosting, blogger, AI, media pembelajaran, dan alat analitik untuk memantau kinerja online.

Selain itu, para peserta juga mendapatkan wawasan tentang pentingnya konten yang relevan dan menarik dalam upaya meningkatkan kehadiran mereka secara online. Mereka belajar bagaimana membuat strategi konten yang efektif, termasuk penggunaan foto, video, dan pengalaman interaktif untuk menarik audien.

Selama sesi pelatihan, para peserta juga diberikan kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan praktisi dan ahli di bidang digitalisasi media dan peliputan online. Mereka dapat bertanya langsung tentang tantangan yang dihadapi dalam mengoptimalkan bisnis mereka di dunia digital dan mendapatkan saran serta strategi praktis dari para ahli.

“Digitalisasi media dan optimalisasi online adalah hal yang tak terelakkan dalam dunia pendidikan saat ini. Di era digital yang terus berkembang, perusahaan harus mampu beradaptasi dengan cepat untuk tetap relevan dan bersaing,” kata salah satu pembicara utama, Abdul Karim, yang juga seorang ahli media digital.

Peserta Pelatihan Digitalisasi, Admin IGI se Indonesia

“Kegiatan pelatihan ini memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana memanfaatkan teknologi dan strategi media online untuk mencapai kesuksesan bisnis.” lanjut Abdul Karim.

Peserta pelatihan juga diberikan materi tambahan berupa panduan praktis dan sumber daya online yang dapat mereka gunakan untuk memperdalam pengetahuan mereka setelah pelatihan selesai. Diharapkan, kegiatan pelatihan ini akan memberikan dorongan yang signifikan bagi peserta untuk menerapkan strategi digitalisasi media dan optimalisasi online yang efektif dalam pelayanan.

Dengan adanya kegiatan pelatihan ini, diharapkan terkoneksi tim media dan publikasi IGI di Indonesia semakin mampu memanfaatkan teknologi dan mengoptimalkan kehadiran online mereka. Hal ini diharapkan dapat mendorong literasi digital, kemandirian IT dan optimalisasi media online.

[Ikhwan Fahrudin]

Comments

comments