IGI Kabupaten Wonogiri Apresiasi Bupati Wonogiri yang Ambil Ribuan Formasi PPPK Guru

0
2259
Bupati Wonogiri, Joko Sutopo

Wonogiri, IGI.OR.ID- Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Wonogiri mengapresiasi langkah nyata Bupati Wonogiri, Joko Sutopo yang mengambil 3.325 formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru di Kabupaten Wonogiri. Jumlah formasi tersebut dengan rincian 3.189 guru kelas dan olahraga serta 136 guru Pendidikan Agama. Sesuai dengan Pasal 1 ayat (4) UU Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, PPPK adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas pemerintahan.

Banyaknya sekolah di Kabupaten Wonogiri yang kekurangan guru tentu menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Wonogiri. Selain masalah tersebut, banyaknya guru tidak tetap yang sudah tidak bisa mengikuti tes CPNS menjadi masalah serius yang perlu segera ditangani. Mengajukan formasi sesuai kebutuhan dengan jumlah 3.325 formasi guru menjadi salah satu solusi peningkatan kualitas pendidikan di Wonogiri. Jumlah ini menjadi yang terbanyak di Jawa Tengah dan semakin membuktikan bahwa Bupati Wonogiri sangat serius meningkatkan kualitas pendidikan di Wonogiri dan sangat memperhatikan nasib guru tidak tetap di Wonogiri.

Sebagai salah satu organisasi profesi guru, IGI Wonogiri juga berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Wonogiri. “IGI Wonogiri terus memberikan pemikiran dan masukan melaui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri tentang pemenuhan 8 SNP, salah satunya adalah standar PTK. Apresiasi yang tinggi bagi Bapak Joko Sutopo Bupati Wonogiri yang telah mengajukan formasi PPPK sesuai dengan kebutuhan bahkan formasi terbanyak di Jawa Tengah. Ini menjadi bukti nyata bahwa Bupati Wonogiri sangat peduli dan konsen dengan mutu pendidikan dan nasib teman-teman guru”, kata Ria Sulistiyono, Ketua IGI Kabupaten Wonogiri.

Lebih lanjut, Ketua IGI Kabupaten Wonogiri ini menyampaikan perlu adanya persiapan matang yang dilakukan calon peserta tes PPPK. Para GTT yang sudah mendapatkan formasi tinggal mempersiapakan diri sebaik-baiknya untuk mengikuti tes PPPK dan lolos  passing grade. IGI Wonogiri siap mendampingi teman-teman GTT untuk mempersiapkan diri menghadapi tes PPPK. Kita akan siapkan konsep sinau bareng maupun bedah kisi-kisi tes PPPK. Dengan tercukupinya formasi guru di Wonogiri ke depan, maka kita tinggal fokus meningkatkan dan memacu kompetensi guru-guru kita. Seperti yang telah dilakukan oleh IGI Wonogiri selama 4 tahun ini yang sudah memfasilitasi peningkatan kompetensi 3.704 guru Wonogiri. Dengan kebijakan ini tentunya akan menambah semangat dan antusias IGI Wonogiri dalam membantu Pemerintah Kabupaten dan Dinas P dan K Wonogiri dalam upaya peningkatan kompetensi guru.

Dengan ketercukupan kuantitas jumlah guru didukung peningkatan kompetensi yang berkelanjutan, maka cita-cita mewujudkan pendidikan Wonogiri yang Maju, Mandiri, dan Sejahtera akan kita raih dengan cepat.

Comments

comments