IGI Kabupaten Kotabaru : On Service Penguatan Guru dan Kepala Sekolah

0
556

Kotabaru, IGI.OR.ID- Program Organisasi Penggerak (POP) yang dilaksanakan oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Kotabaru telah memasuki tahun ke tiga. IGI Kabupaten Kotabaru melaksanakan kegiatan “On Service Penguatan Guru dan Kepala Sekolah Program Organisasi Penggerak (POP) Ikatan Guru Indonesia (IGI) Tahun 2023” mulai tanggal 19 – 20 Mei 2023.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru sekolah sasaran dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran yang menitik beratkan pada kemampuan literasi dan numerasi siswa. Ada 12 sekolah sasaran Tingkat SD yang mengikuti kegiatan ini. Dalam satu sekolah terdapat 2 guru kelas dan 1 kepala sekolah yang turut serta mengikuti kegiatan ini.


Kegiatan “On Service” adalah tindak lanjut dari kegiatan “In Service” yang telah dilaksanakan sebelumnya di Hotel Grand Surya pada tanggal 9-11 April 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di tiga titik sekolah sasaran antara lain SDN Dirgahayu 1, SDN Sungai Taib, dan SDS Muhammadiyah 2 Kotabaru. Kegiatan ini dihadiri pemantau dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kotabaru dan pemantau dari Pengurus Pusat (PP) IGI yaitu Tia Rizky Ferlina yang merupakan Bendahara Umum IGI pusat.

Pelaksanaan hari pertama dipusatkan di SDN Dirgahayu 1 dan SDN Sungai Taib. Kegiatannya adalah praktik pembelajaran literasi dan numerasi yang dilaksanakan oleh guru kelas 4 dan guru kelas 5. Setelah praktik pembelajaran diadakan sesi refleksi yang dipandu oleh fasilitator daerah guru kelas 4, Taufik Junaidie, S.Pd. dan fasilitator daerah guru kelas 5, H.Syahriani, S.Pd.,M.M. Sedangkan kegiatan hari ke dua dipusatkan di SDS Muhammadiyah 2 Kotabaru dengan agenda berbagi praktik baik yang disampaikan oleh kepala sekolah dan dipandu oleh fasilitator kepala sekolah, Budi Hartono, M.Pd.

Dalam penutupan kegiatan, ketua panitia POP sekaligus Ketua Daerah IGI Kab. Kotabaru, Dian Mardhika, S.Pd. menyampaikan harapan agar sekolah sasaran mampu menerapkan praktik baik yang telah dibagikan IGI melalui Fasda guna meningkatkan capaian kemampuan literasi dan numerasi siswa. Pada kesempatan itu juga disampaikan bahwa akan ada satu guru atau kepala sekolah model yang nanti akan diundang ke Jakarta untuk membagikan praktik baiknya di hadapan Mendikbud atau Dirjen di Kemendikbud.

[Dian Mardhika – Ketua Daerah IGI Kab. Kotabaru]

Comments

comments