IGI JANGKAU PROVINSI PALING TIMUR INDONESIA

0
265

IGI JANGKAU PROVINSI PALING TIMUR INDONESIA
Oleh: Mampuono
#menemubaling_news_factory

Pelantikan Pengurus IGI Wilayah Papua dan pengurus IGI Daerah Jayapura berlangsung berurutan pada pertengahan bulan Juli 2018 ini. Setelah penantian yang cukup panjang akhirnya Pengurus Wilayah dan Daerah paling Timur Indonesia itu berhasil dilantik yang menandai pengembangan IGI di tanah Papua mulai menggeliat.

Kegiatan pelantikan pengurus wilayah maupun daerah tersebut dirangkai dengan Workshop Merancang Pembelajaran dan Penilaian Berbasis Digital dan Budaya Lokal yang dipandang strategis untuk memulai pergerakan IGI di Papua. Panitia diketuai oleh Sudin Lahasia, M.Pd., yang juga Sekretaris IGI Papua. Para pengurus baru itu merancang kegiatan workshop untuk menjawab tantangan implementasi Kurikulum 2013.

 

Kegiatan pelantikan dan workshop itu berlangsung di dua tempat dengan waktu berbeda. Pelantikan pengurus wilayah IGI Papua dan Workshop Sagudelta (Satu Guru Dua Evaluasi Digital) dan Saguwarna (Satu Guru Pewaris budaya Nasional) berlangsung pada tanggal 12-13 Juli 2018. Kegiatan berlangsung di Aula SMA YPPK Asisi Bonaventura, Sentani Kabupaten Jayapura. Kegiatan tersebut diikuti oleh 79 orang guru dari berbagai jenjang dan beberapa sekolah. Narasumber kegiatan tersebut adalah Wakil Ketua Umum Regional I Sumbagut, Khairuddin, S,Pd., M.Pd,, dan Wakil Ketuan Umum XIV Papua dan Papua Barat, Chandra Sri Ubayanti, S.Pd, M.Pd.

Kegiatan yang samapun digelar di Jayapura pada tanggal 13-14 Juli 2018. Kegiatan yang menghadirkan 109 peserta dari sekitar kota Jayapura itu bertempat di Aula SMP Muhammadiyah Abepura, Kota Jayapura, Papua. Panitia dalam hal ini mengatur pada tanggal 13 Juli 2018 kedua narasumber dapat bertukar memberi materi.

Di hari terakhir kegiatan yakni tanggal 14 Juli 2018, kegiatan ditutup oleh pejabat dari Pemda Provinsi Papua sekaligus menyaksikan acara pelantikam pengurus IGi Wilayah Papua dan IGI Kabupaten Jayapura. Pejabat yg hadir dalam kegiatan tersebut adalah Kabid GTK Provinsi Papua, Aloysius Jopeng, M.Pd. Dalam sambutannya pejabat Dinas Pendidikan Provinsi Papua itu menyambut gembira hadirnya IGI di Papua. Tegasnya lagi, sudah lama para guru Papua mendambakan sentuhan berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan kompetensi mereka.

Pak Jopeng, demikian pejabat itu biasa dipangil, berpesan agar IGI dapat membangun komunikasi indah dgn organisasi guru yang sudah ada. Harapannya agar semua organisasi guru dapat bersinergi dalam meningkatkan mutu pendidikan dan kesejahteraan guru. Demikian pula agar guru yang berada di Papua bisa mendapatkan pencerahan dalam berorganisasi dengan baik.

 

Kegiatan pelantikan dan workshop tersebut berjalan dengan lancar dari awal sampai akhir. TVRI Papua juga turut meliput kegiatan yang cukup fenomenal di Papua tersebut. Peserta tampak sangat antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan tersebut. Meski tempat tinggal atau tempat bertugas mereka sebagian sangat jauh dari lokasi kegiatan, semangat mereka untuk maju tidak menghalangi mereka untuk hadir dalam kegiatan tersebut. Meski hujan terus menerus mengguyur kota Jayapura semangat peserta tak pernah surut bahkan bertambah di hari kedua. Ketua IGI wilayah Papua Since. dan Ketua Daerah IGI kota Jayapura, Heri, terlihat sangat puas dengan kegiatan ini.

Pelangi yang terpancar di langit Papua dengan keberadaan IGI ini semakin memendarkan cahaya semangat para guru Papua hingga memunculkan binar harapan berwarna-warni yang indah mempesona.

_mrt_

Kontributor:
Since & Chandra

Comments

comments