Haeruddin Perkenalkan Kanal IGI Baru “SERU MAPEL K13”, Permudah Guru Mengolah Nilai K13

0
288

Dalam kegiatan Temu Virtual Pelatih IGI (Ikatan Guru Indonesia) tahun 2019, Kanal SERU MAPEL K13 (Semua Guru Mahir Pengolahan Nilai K13) untuk pertama kalinya diperkenalkan. Kanal pelatihan guru ini mendapatkan kesempatan presentasi melalui webex meeting pada pukul 18.00 sampai 18.30 WIB. Seru Mapel K13 di presentasikan langsung oleh foundernya Haeruddin guru SDN 71 Parepare yang juga merupakan pengurus IGI kota Parepare sekaligus Duta Rumah Belajar Provinsi Sulwesi Selatan tahun 2019

Dalam presentasinya Haeruddin menjelaskan tentang tujuan dan program kegiatan yang akan dilakukan saat pelaksanaan pelatihan kanal Seru Mapel K13. “Visi misi dari kanal ini adalah membantu guru-guru dalam pengolahan nilai berdasarkan Kurikulum 2013 dengan digitalisasi pendidikan”, ungkapnya.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa tidak sedikit guru kewalahan mengolah nilai saat akhir semester. Dengan adanya kanal ini guru-guru dilatih melaksanakan penilaian yang menggunakan beberapa aplikasi seperti, plisckers, rumah belajar, dan quizizz”, lanjut Haeruddin.

Aplikasi plickers dapat digunakan untuk penilaian harian, tengah semester, dan akhir semester. Untuk aplikasi rumah belajar guru dapat memanfaatkan kelas digital untuk memberikan tugas proyek, terstruktur, serta tugas portfolio kepda siswa. Sedangkan untuk aplikasi quizizz guru dapat manfaatk untuk memberikan remedial ataupun pengayaan kepada siswa yang dapat dikerjakan di rumah.
Hasil dari aplikasi tersbut kemudian diolah menggunakan Microsoft excel. setelah nilai diolah di excel hasil penilaian akan ter-ekstak menjadi nilai KD. Nilai2 KD ini lah yang nantinya yang adakan di input dalam aplikasi rapor.

Seru Mapel K13 memiliki motto “meminimalisir input data dan memaksimalkan copy paste.”. dengan memanfaatkan plickers guru tidak lagi perlu menginput nilai siswa satu persatu, melainkan tinggal meng-copypaste. Hal ini tentu memudahkan pekerjaan guru dalam pengolahan nilai.

Diakhir kegiatan pada sesi tanyajawab ada beberapa peserta yang mengajukan pertanyaan terkait dengan pelaksanaan penilaian yang diprogramkan dalam kanal ini. Peserta cukup antusias dan penasaran dengan metode yang ditawarkan. Bahkan sudah ada peserta yang berencana melaksanakan kegiatan pelatihan Seru Mapel K13.

Mari menyongsong revolusi industry 4.0 dengan digitalisasi Pendidikan.

Comments

comments